3 Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Wanita

September 4, 2015 Fani Rachmita

Menurut beberapa penelitian, ternyata wanita lebih cuek dengan masalah kesehatan dibanding pria. Yuk mulai lebih memerhatikan masalah kesehatan Anda, karena semakin cepat mengetahui masalah kesehatan Anda, akan semakin mudah untuk dideteksi dan dilakukan penanganannya. Ini dia masalah-masalah kesehatan yang wanita biasa abaikan. (sumber: OprahDotCom)

 

Masalah Jantung 

Ternyata, gejala serangan jantung pada pria dan wanita berbeda. Gawatnya lagi, wanita di bawah umur 50 tahun terkena serangan jantung 2 kali lebih sering dibanding pria di umur yang sama, menurut penelitian dari New England Journal of Medicine. Dan di studi yang berbeda, peneliti menemukan di grup kecil yang terdiri dari wanita berusia 30 hingga 55 tahun yang terkena serangan jantung, mendapat penanganan yang terlambat karena mereka tidak mengira akan mendapat serangan jantung di usia semuda ini, bahkan mereka yang memang punya resiko penyakit jantung karena faktor keturunan. Kenali gejala serangan jantung sedini mungkin dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan rajin medical check up

(foto: via Pop Sugar)

 

Mengukur Berat Badan Lewat Ukuran Baju

Mengecek berat badan Anda setiap hari memang akan membuat stress, sehingga banyak orang yang mengukur berat badan mereka berdasarkan muat atau tidaknya baju-baju di lemari. Namun, ini hanya bisa berlaku bila pakaian yang Anda gunakan sebagai indikator naik atau turunnya berat badan Anda memang size Anda yang sebenarnya. Kenapa? "Karena memakai celana dengan ukuran baru (lebih besar atau lebih kecil) tidak bisa menjadi patokan apakah berat badan Anda naik atau turun. Mengenakan celana dengan ukuran lebih besar dari ukuran celana sebenarnya, membuat sensasi kedodoran yang membuat Anda berpikir Anda kehilangan berat badan, padahal justru sebaliknya, bisa jadi Anda malah naik 5 kilogram!" ungkap Jennifer McDaniel, founder McDaniel Nutrition Therapy di Clayton, Missouri, Amerika Serikat. Cek berat badan Anda di timbangan satu kali seminggu cukup untuk Anda memonitor berat badan. 

 

Menggunakan Internet Untuk Kesehatan Secara Tidak Sehat 

Wanita sering sekali melakukan penelitian tentang masalah kesehatan mereka via internet. Ada sekitar 40% wanita yang memilih untuk mengecek via internet tentang masalah kesehatan dibanding pria yang hanya 30%, berdasarkan penelitian dari Pew Research Center di 2013. "Mendiagnosa diri Anda tanpa opini dari dokter dapat menyebabkan stress dan kegelisahan," ungkap Holly Phillips, MD, seorang internis di New York. Phillips pernah didatangi seorang wanita muda yang membawa setumpuk dokumen ke kantornya dan dengan yakin bilang kalau dia terkena non-Hodgkin's lymphoma hanya berdasarkan hasil browsing di internet.  "Wanita ini bahkan sudah menentukan, pengobatan dan perawatan apa yang ingin ia jalani", papar Phillips lagi. Setelah melakukan beberapa pemeriksaan, ternyata tidak ada yang salah dengan kesehatan si wanita tersebut. 

Browsing masalah kesehatan di internet memang tidak salah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bila Anda merasa ada sesuatu yang berbeda pada tubuh, mulailah mencari di situs milik pemerintah (.gov), universitas atau pusat kesehatan yang terkenal dan besar, karena mereka mempunyai data-data yang lebih valid.  

 

 

Previous Article
Alis yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda
Alis yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda

Istilah "Dari mata turun ke hati" sepertinya kurang tepat, karena menurut penelitian, alis meninggalkan kes...

Next Article
Masker Karet dari Korea Selatan
Masker Karet dari Korea Selatan

Satu lagi tren kecantikan dari Korea Selatan, rubber mask alias masker karet.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More