5 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

September 14, 2015 Fani Rachmita

Bertambahnya umur memang menjadi salah satu penyebab daya ingat melemah. Tapi banyak faktor lain yang bisa membuat daya ingat melemah yang bukan disebabkan oleh usia. Artinya, siapapun dan berapapun usia Anda, daya ingat yang memudar dan fungsi otak yang melemah bisa terjadi pada Anda. 

Ingin daya ingat Anda tetap pada kemampuan maksimumnya? Cek beberapa tips dari dgiwire berikut ini. 

 

Ciptakan momen relaks 

Stress adalah pemicu yang mendorong dilepasnya kortisol. yang dapat memberikan dampak pada kemampuan otak Anda untuk mengingat beberapa memori yang baru terjadi. Beberapa penelitian mengindikasikan stress yang kronis juga mempunyai peran dari otak yang dapat membuat memori mengecil. Coba tarik napas dalam, berjalan sebentar ke luar ruangan, olahraga, bermain atau berinteraksi dengan teman, dan tertawa adalah beberapa cara untuk membuat hari Anda lebih relaks. 

 

Berhenti Merokok 

Rokok dapat mengubah aliran darah di nadi yang dapat mengurangi aliran oksigen darah ke otak. Kurang oksigen di otak Anda dapat membuat kemampuannya untuk berfungi berkurang. Hasilnya, kekuatan otak Anda pun terkikis.

 

Makan Buah dan Sayur 

Nutrisi optimal berhubungan langsung dengan fungsi otak Anda. Jika otak kekurangan asupan nutrisi, dapat membuat fungsi kognitif dan memori Anda tidak berfungsi. Tambahkan 3 hingga 5 buah dan sayur ke diet harian Anda!

 

Latih Otak Anda 

Banyak cara melatih otak dan semuanya menyenangkan! Bermain puzzle, teka teki silang, belajar bahasa asing, hingga scrabble dapat melatih otak Anda. Semakin terlatih otak Anda, fungsi memorinya akan bekerja dengan baik juga. 

 

Lindungi Kepala 

Cedera kepala mempunyai efek yang sangat besar pada kemampuan otak bekerja! Sebanyak apapun Anda melatih otak, bila Anda terkena cedera kepal, otak akan berkurang fungsinya dengan sendirinya. Jangan malas menggunakan helm dan menggunakan seatbelt. Safety first! 

 

Ingin melatih otak Anda dengan belajar bahasa asing? 

 

 

 

Previous Article
Bulu Mata Tebal dan Lentik dengan Lashtique
Bulu Mata Tebal dan Lentik dengan Lashtique

Dari mulai teknik make up hingga sulam, berbagai beauty treatment dilakukan untuk memperindah mata. Termas...

Next Article
Olahraga Tidak Membuat Anda Langsing
Olahraga Tidak Membuat Anda Langsing

Persepsi masyarakat kalau olahraga dapat menghilangkan atau menurunkan berat badan ternyata salah!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More