5 Teknik dari Pakar Untuk Mendapatkan Promosi di Kantor

December 2, 2015 Fani Rachmita

Cal Newport adalah seorang profesor di Georgetown University yang telah menelurkan 4 buku salah satunya berjudul "Deep Work: Rules for Focused Success in a Distracted World".  Dalam bukunya ini, Newport memberikan metode yang disebut Deep Work dimana seseorang menggunakan skill-nya untuk menciptakan outcome yang mempunyai value dengan menggunakan pemikiran, energi, waktu dan konsenstrasi yang maksimal. (sumber: Time)

 

Apa bedanya dengan yang Anda kerjakan sekarang? Kebanyakan pekerja menggunakan metode shallow work yang biasanya lebih mengutamakan hal-hal administratif dan logistik seperti email, meeting, telepon, laporan dan sebagainya. "Kalau Anda ingin tidak dipecat, gunakan metode shallow work, tapi kalau Anda ingin promosi jabatan, mulailah menerapkan deep work," papar Newport. 

Deep work adalah saat Anda mengerjakan pekerjaan yang mempunyai efek mendalam , sesuatu yang membuat Anda mendapat perhatian, hal yang dapat membuat gaji Anda naik dan membuat Anda dipromosikan. Berikut 5 cara untuk Anda mengaplikasikan deep work di kantor. 

 

Jangan Men-schedule Gangguan 

Menurut Newport, selama ini kita mengatur pekerjaan secara salah. Kita menjadwalkan meeting, telepon, janji bertemu dokter, ini semua adalah distraksi. Saatnya untuk menjadwalkan real workSaran Newport, mulailah mem-block waktu dan coba mulai membuat jadwal apa yang Anda kerjakan setiap hari. Apa yang biasa Anda lakukan di setiap jam. Buat kebiasaan membuat rencana untuk satu hari atau bahkan seminggu. Bila Anda sudah tahu jadwal setiap harinya, block beberapa jam waktu Anda untuk melakukan deep work

 

Papan Nilai

Buat papan nilai Anda sendiri. Papan nilai ini sangat berguna untuk mengetahui berapa deep work yang Anda sudah kerjakan dalam seminggu. Kenapa butuh papan nilai? Ini untuk mengingatkan Anda kapan saatnya Anda mem-block waktu untuk mengerjakan deep work dan berapa banyak deep work yang sudah Anda kerjakan, jadi tidak ada excuse untuk Anda untuk tidak mengerjakan deep work yang sudah Anda jadwalkan. Percaya atau tidak, ini yang dilakukan Jerry Seinfeld, komedian sukses asal Amerika. Ia merekam semua progress yang ia kerjakan secara visual di kalendarnya! 

 

Berani Bilang Tidak

Kata yang paling berbahaya yang berkaitan dengan produktivitas adalah kata "ya". Kenapa? karena setiap Anda mengiyakan atau menyetujui setiap hal akan semakin sedikit waktu Anda untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan nilai. "Orang yang melakukan sesuatu yang mempunyai dampak pasti berani berkata "tidak" karena mereka lebih tertarik dan sepenuh hati mengerjakan sesuatuu yang memerlukan keahlian mereka dan menciptakan sesuatu yang baru. Dan mereka tidak bisa mengerjakan itu bila terus-terusan mendatangi meeting, mengangkat telepon atau mengecek email," papar Newport. Masih kurang yakin untuk bilang "tidak", mungkin saran dari Warren Buffet ini bisa jadi motivasi untuk Anda, "Perbedaan antara orang sukses dan sangat sukses adalah, orang yang sangat sukses berkata "tidak" pada hampir semua hal." 

 

Ritual 

Ritual akan membuat Anda fokus. Salah satu cara untuk mendapatkan tujuan atau menyelesaikan tugas adalah dengan mempunyai rutinitas dan ritual yang Anda lakukan saat melakukan deep work. Ini bisa dari hal sederhana seperti membersihkan meja atau menutup pintu kantor atau hal lain yang membuat otak Anda berada dalam work mode on

 

Kompromi

Bila Anda sungkan untuk melakukan semua hal di atas karena takut dianggap lalai, then talk to your boss. Kompromi dengan atasan, berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan hal-hal administratif dan berapa banyak waktu yang bisa mereka berikan untuk Anda melakukan deep work. Tentunya, terlebih dahulu jelaskan konsep Anda tentang apa itu shallow work dan deep work dan hal-hal apa yang ingin Anda capai. 

 

Kesimpulannya menurut Newport adalah menetapkan fokus Anda. "Focus is the new IQ," ucapnya. Tingkatkan konsentrasi Anda, salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik hypnotherapy. Selain bagus untuk menstimulasi fokus Anda, hypnotherapy juga bisa membantu melepas stress hingga menghilangkan phobia.

 

More info and discount vouchers for Hypnotherapy session? 

 

 

 

Previous Article
5 Rahasia Cantik Wanita Perancis
5 Rahasia Cantik Wanita Perancis

Apa rahasia cantik wanita Perancis? Mona Walravens, aktris Perancis yang karirnya menanjak setelah bermain ...

Next Article
4 Cara Cepat Mengurangi Berat Badan Sebelum Hari Pernikahan
4 Cara Cepat Mengurangi Berat Badan Sebelum Hari Pernikahan

Bila pernikahan Anda akan terjadi dalam jangka waktu dekat, mengharapkan hasil yang besar tentu tidak akan ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More