6 Manfaat Lain Olahraga Teratur

September 15, 2015 Fani Rachmita

(sumber: Elite Daily-Foto: via The Huffington Post)

 

Apa alasan Anda berolahraga? Kalau salah satu alasannya adalah untuk menurunkan berat badan, Anda memang tidak sendiri. Meski olahraga secara teratur memang kunci untuk menurunkan berat badan, namun banyak orang yang tidak tahu manfaat lain dari berolahraga. 

Padahal, selain menurunkan berat badan yang tentunya dibarengi dengan gaya hidup yang teratur termasuk diantaranya makanan, olahraga secara rutin juga mempunyai manfaat lain yang tidak hanya bagus untuk fisik namun juga mental. 

 

Menghilangkan Keresahan dan Stres

Menurut sebuah lembaga kesehatan mental di US, salah satu cara untuk overcome stres adalah dengan berolahraga secara teratur. Tidak perlu olahraga "berat" di gym, dengan meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk jalan atau jogging juga sudah cukup untuk me-reduce kegelisahan. Sebuah penelitian yang dilakukan di universitas Princeton melaporkan bahwa tikus-tikus yang berlari di atas roda berputar selama 6 minggu cenderung senang mengeksplor area lain dibanding tikus-tikus yang berdiam diri.

 

Melindungi Jantung

Anda tidak perlu menjadi pelari marathon untuk melindungi jantung Anda. UCSF Medical Center merekomendasikan aktivitas jalan 30 menit selama 5 hari untuk kesehatan jantung. 

 

Lebih Percaya Diri 

Sebuah jurnal yang dirilis Russel Clayton, asisten professor di Lion University mengatakan kalau individu yang berolahraga secara regular lebih percaya diri. Mereka dapat menciptakan interaksi dengan orang lain lebih mudah dan tidak mudah terkena stres. 

 

Membuat Anda Lebih Baik di Ranjang

 Berkeringat melepas sex pheromones, kimia yang membantu untuk menarik perhatian lawan jenis. Olahraga juga meningkatkan aliran darah, membantu mencegah disfungsi ereksi dan menurunkan level estrogen (level estrogen yang tinggi dapat membunuh keinginan untuk bercinta). 

 

Good Mood

Sebuah grup peneliti di Jerman menemukan hubungan antara lari dan endorphins (senyawa yang dapat membuat seseorang bahagia). Dilaporkan, kalau lari dapat mengirimkan banyak endorphin ke otak yang membuat seseorang menjadi excited dan antusias. 

 

Lebih Kreatif 

Kalau Anda sedang stuck dalam pekerjaan, berolahraga ternyata dapat membuat kreativitas Anda lebih mengalir. Penelitian membuktikan kalau berolahraga bisa membuat Anda lebih kreatif dan kekreatifan ini bisa bertahan hingga 2 jam!

 

 

Berbagai macam informasi kecantikan dan kesehatan bisa Anda temui di sini

 

 

 

Previous Article
Olahraga Tidak Membuat Anda Langsing
Olahraga Tidak Membuat Anda Langsing

Persepsi masyarakat kalau olahraga dapat menghilangkan atau menurunkan berat badan ternyata salah!

Next Article
Pakaian Dalam Khusus Untuk Haid
Pakaian Dalam Khusus Untuk Haid

Perasaan tak enak ketika setiap bulan si haid datang dapat teratasi dengan penemuan yang satu ini, period p...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More