7 Makanan Favorit Anda Ini Ternyata Tidak Baik untuk Gigi

August 7, 2015 Fani Rachmita

Apa yang lebih buruk dari tidak boleh menyantap makanan kesukaan karena sedang diet? Yup, ketika makanan-makanan favorit Anda ini ternyata juga dapat merusak gigi. (sumber: refinery 29)

 

1. Makanan Asam 

Tomat dan buah-buah sitrus seperti jeruk  ternyata dapat menyebabkan gigi Anda mendapat gurat-gurat kuning. Meski buah dan sayur ini mengandung banyak nutrisi, mereka juga dapat menyebabkan mengikis enamel di gigi dan menyebabkan guratan warna kuning. 

 

2. Kopi 

Minuman kesukaan Anda yang jadi andalan sebagai energizer untuk tubuh di pagi hari ini ternyata selain menodai gigi juga mengubah keseimbangan pH mulut yang membuat makanan asam yang Anda makan setelah minum kopi akan makin cepat membuat gigi rusak. 

 

3. Makanan Manis 

Untuk bilang kalau gula akan membuat gigi Anda rusak sebenarnya agak berlebihan. Faktornya lebih ke sisa makanan manis seperti cookies atau permen yang keras yang tertinggal di antara gigi Anda akan menjadi makanan untuk bakteria yang bersarang di mulut. Ketika bakteri-bakteria itu memakan si gula ini, mereka melepas asam yang membuat gigi Anda rusak. Dalam jangka panjang, gigi Anda akan menggelap dan akan menyebabkan bolong di gigi. 

 

4. Soda

Minuman manis mempunyai dampak yang sama dengan makanan manis, memberikan makanan untuk bakteria di mulut yang dapat membuat mereka melepaskan asam yang membuat gigi rusak. Ditambah lagi sifat soda (karbonasi) yang asam yang akan menambah cepat terjadinya kerusakan pada gigi. Ini juga termasuk soda yang bertitel "sugar-free". 

 

5. Teh 

Penggemar teh tidak bisa bernapas lega, karena ternyata teh juga mengandung zat yang bisa menodai gigi bahkan lebih parah. Apabila Anda ingin menyesap teh seperti green tea atau black tea, pilihlah teh dengan kualitas terbaik. Semakin rendah kualitasnya, semakin tinggi kadar zat yang dapat menodai gigi ini. 

 

6. Blueberry, Blackberry dan Delima 

Meski buah ini penuh dengan kandungan anti-oksidan, namun mempunyai noda warna yang sangat pekat dan susah untuk hilang. 

 

7. Red Wine dan White Wine

Sama seperti teh dan kopi, red & white wine juga menyisakan noda di gigi. Membuat gigi mempunyai bayangan abu-abu yang membuatnya susah untuk dihilangkan dibanding menghilangkan noda kuning. 

 

Jangan khawatir, Anda masih bisa mengkonsumsi makanan favorit Anda, tapi jangan sampai melupakan perawatan gigi yang rutin ya, dan jangan mengkonsumsinya berlebihan! 

 

Ada penawaran perawatan gigi untuk Anda dengan harga terjangkau! Klik link di bawah ini

 

Previous Article
Kaki Indah dan Sehat Tanpa Diet dan Olahraga
Kaki Indah dan Sehat Tanpa Diet dan Olahraga

Yup, dengan menggunakan stocking, kaus kaki atau legging ini, kaki Anda bisa menjadi lebih sehat dan bonusn...

Next Article
Kenapa Jerawat Muncul di Area Tubuh ini?
Kenapa Jerawat Muncul di Area Tubuh ini?

Jerawat tidak hanya muncul di wajah! Bagian tubuh Anda yang lain juga tidak luput dari jerawat.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More