Atasi Kulit Berjerawat dengan Masker Buatan Sendiri

July 27, 2018 Chatarina Komala

Jenis kulit berjerawat, memang butuh perawatan ekstra. Alih-alih hilang, salah pakai produk bisa bikin jerawat makin parah, lho.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa menggunakan rangkaian produk skin care yang dijual di pasaran, atau justru beralih ke masker buatan sendiri. Cara kedua, dinilai lebih alami dan mudah--sebab bahan-bahan pembuatnya bisa dengan mudah Anda temukan di rumah.

Lantas, apa saja, sih, masker DIY yang bisa Anda buat sendiri di rumah? Berikut adalah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan. Sudah pasti praktis, mudah, dan tentu saja hemat!

 

1. Lemon dan Madu

Ilustrasi: www.purebread.co.nz

Kandungan tinggi vitamin C pada lemon berfungsi untuk mengusir bakteri penyebab jerawat, sekaligus menghilangkannya. Nah, sebagai penyeimbang, tambahkan pula madu alami yang berfungsi sebagai pelembap kulit. Jika dipadukan, kedua bahan ini sendiri cukup ampuh untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya datang lagi.

Caranya pun mudah. Cukup campurkan lemon dan madu dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran ini pada wajah, dan lakukan secara rutin setidaknya dua minggu sekali. Tunggu 10-15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

 

2. Tomat

Ilustrasi: www.saltandpepper2taste.com

Kandungan antioksidan pada tomat dipercaya mampu untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya balik lagi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memotong satu buah tomat menjadi dua atau empat bagian. Tidak perlu dihaluskan, tetapi cukup diusapkan potongan tomat tadi ke wajah. Lakukan secara rutin, setidaknya satu kali per hari.

 

3. Teh Hijau

Ilustrasi: www.nectarapothecary.com

Jangan keburu panik saat mendapati jerawat yang meradang di area wajah. Toh, Anda bisa mengatasinya dengan masker dari teh hijau. Caranya amat mudah. Anda dapat menyeduh terlebih dulu teh hijau sampai pekat, lalu bekukan di kulkas. Setelah mengeras, tempelkan kubus es teh hijau ini ke area jerawat, setidaknya dua kali sehari. Nah, selain bisa mengempiskan jerawat--cara ini juga bisa bikin kulit jadi lebih halus.

 

4. Yoghurt dan Pisang

Ilustrasi: Youtube

Kombinasikan yoghurt, madu, dan lemon--masing-masing sebanyak satu sendok teh. Kemudian, tambahkan seperempat bagian pisang yang dihaluskan. Campur merata, setidaknya hingga membentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pasta tadi di wajah yang sudah bersih. Diamkan selama sepuluh hingga 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

 

5. Daun Pepaya

Ilustrasi: www.delapuravida.com

Untuk membuat masker daun pepaya ini, Anda hanya perlu menumbuk daun sembari diberi air, lalu diperas. Tampung airnya di dalam wadah, dan tunggu hingga mengendap. Nah, endapan inilah yang bisa Anda gunakan sebagai masker. Aplikasikan pada wajah selama sepuluh hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Previous Article
7 Pose Unik Pria yang Mengabadikan Momen Pasangannya, Harus Rela Jongkok hingga Tidur di Jalan!
7 Pose Unik Pria yang Mengabadikan Momen Pasangannya, Harus Rela Jongkok hingga Tidur di Jalan!

Di balik foto-foto cantik dan unik seorang perempuan di media sosialnya--pasti ada si fotografer yang harus...

Next Article
3 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi
3 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

Apa pun penyebabnya, gejala kulit dehidrasi tidak boleh dibiarkan. Ini dia tiga cara mengatasinya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More