Dipuji Lebih Cantik? Ucapkan Terima Kasih pada Hormon Berikut!

October 11, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.yarlap.com

Setidaknya, ada 4 hormon yang bisa bikin Anda tampak lebih cantik. Apa saja?

Ada banyak hal yang bikin perempuan tampak lebih cantik. Ini bisa meliputi pengaruh pubertas, perawatan tubuh, hingga sikap dan pembawaan. Namun, ternyata seluruh hal tersebut tidak lepas dari keterlibatan beberapa hormon. Penasaran hormon apa saja yang bisa membuat Anda tampak lebih cantik?

 

1. Estrogen

Sebuah riset yang dilakukan oleh Pennsylvania State University menemukan, perubahan hormon saat perempuan dalam masa subur/ovulasi akan membuatnya tampak lebih cantik dan menarik. Adapun hal ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon estrogen. Nah, pada masa-masa ini, perempuan biasanya akan terlihat lebih cantik dan seksi. Hal tersebut kentara dari kulit wajah yang bersinar, serta suara yang “lebih menggoda”. Nggak cuma itu, aroma tubuh pun akan ikut berubah. Wajar, jika hal ini membuat orang lain--terutama laki-laki akan lebih tertarik pada Anda.

 

2. Oksitosin

Mungkin Anda pernah mendengar, bahwa rasa berbunga-bunga karena cinta dapat membuat perempuan tampak lebih cantik. Pernyataan tersebut ada benarnya, kok. Kalau tidak percaya, Anda bisa mencari tahu lebih dalam manfaat oksitosin, atau yang dikenal sebagai “hormon cinta”. Nah, keberadaan hormon ini sendiri bisa membangun rasa bahagia, kepercayaan diri, ketenangan, dan banyak perasaan positif lainnya.

Menariknya, keberadaan hormon oksitosin bisa direkayasa. Caranya, adalah dengan melakukan sebanyak mungkin kegiatan yang berhubungan dengan afeksi atau rasa sayang. Anda bisa berpelukan dengan orang terdekat, berciuman dengan pasangan, banyak menyentuh dan membelai, dan masih banyak lagi.

 

3. Dopamin

Hampir sama seperti oksitosin, dopamin punya peran besar pada utmbuhnya rasa senang, seperti jatuh cinta, gembira, percaya diri, dan meningkatnya motivasi. Toh, dalam banyak kasus, kecantikan memancar dari rasa bahagia yang ada di dalam diri, bukan?

 

4. Serotonin

Bisa dikatakan, inilah hormon “bahagia” yagn bisa mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh dapat “melepaskan” hormon ini. Caranya seperti berjemur di bawah sinar Matahari pagi, serta membiasakan diri bersikap optimis dan berpikir positif.

Previous Article
Inspirasi Dekorasi Kamar yang Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak
Inspirasi Dekorasi Kamar yang Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak

Kalau tidak juga bisa tidur nyenyak, jangan-jangan masalahnya ada pada kamar Anda!

Next Article
Cara Aman Merias Wajah Bagi Anda Pengguna Softlens
Cara Aman Merias Wajah Bagi Anda Pengguna Softlens

Meski sudah praktis, cara merias wajah ketika menggunakan softlens juga harus hati-hati. Jangan sampai, hal...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More