Hati-hati, Rumah Anda Berbahaya Untuk Kesehatan!

February 21, 2016 Fani Rachmita

Seharusnya, rumah adalah sebuah tempat yang memberikan kebahagiaan lahir dan batin bagi pemiliknya. Namun ternyata, rumah Anda malah bisa jadi sumber penyakit untuk Anda lho! (sumber: TIME)

Para peneliti telah mencari penyebab obesitas dan penyakitr kronis dan menemukan bahwa beberapa penyebabnya bisa berasal dari cara kita menata dan mengatur tempat yang kita tinggali. Dengan membuat beberapa perubahan, kita bisa membuat rumah kita menjadi tempat yang sehat dan aman untuk ditinggali. Tertarik untuk membuat perubahan? Simak list berikut ini.

 

Coret Persediaan Cemilan

Beberapa rumah tangga memasukkan persediaan cemilan pada daftar belanja bulanan. Saatnya, untuk mencoret ini dari list Anda! Kenapa? Menurut Christine M. Palumbo, dietitian & nutrition communication consultant, cemilan yang tersimpan di laci dapur atau laci kerja Anda akan mengganggu program makan sehat Anda. Anda akan tertarik untuk menambah slot makan karena tahu ada makanan yang tersedia yang bisa Anda konsumsi lagi. Ini jadi semakin berbahaya terutama di jam-jam seperti jam 3 sore hingga jam tidur, saat keinginan untuk nyemil susah untuk dihindari.

Jangan nyemil di rumah, nyemil di sini aja yuk.

 

Terlalu Banyak Lampu

Semakin banyak penelitian yang menemukan hubungan antara tidur yang baik dengan kesehatan berat badan. Menurut studi terbaru yang dirilis American Journal of Epidemiology, partisipan penelitian yang tidur di ruang paling gelap mempunyai potensi obesitas kurang dari 21% dibanding yang tidur di ruang yang lebih terang. Koneksinya berasalah dari hormon yang diproduksi selama tidur seperti melatonin. Terlalu sedikit melatonin yang dihasilkan, berarti tidur Anda masih kurang layak. Ubah kamar Anda dengan mengurangi lampu atau mengganti tirai jendela dengan warna yang menyerap cahaya.

Ubah desain kamar tidur Anda

 

Piring dan Mangkuk Anda Salah Ukuran dan Warna

Coba taruh makanan dengan jumlah yang sama di piring besar dan piring dengan ukuran sedang. Anda pasti melihat makanan yang berada di piring besar terlihat lebih sedikit dibanding di piring lebih kecil. Ketika kita menyajikan makanan di piring besar, secara tidak sadar kita ingin menutup space yang masih kosong dengan menambahkan makanan di area yang kosong. Penelitian menunjukkan orang dewasa dan anak-anak menuangkan cereal ke dalam mangkuk yang lebih besar dan berakhir mengkonsumsi kalori 44% lebih banyak. Penelitian lain juga menyebutkan kalau warna juga menjadi salah satu penyebab Anda makan lebih banyak.  Disebutkan, mereka yang menyantap makanan di piring putih mengkonsumsi kalori 22% lebih banyak dibanding yang menyantap di piring merah. Ini adalah hasil dari kontras yang tercipta antara makanan yang Anda makan dan piring yang menjadi wadah makan Anda.

Repot mengganti piring dan mangkuk? Serahkan saja menu sehat Anda pada Jocey Kitchen

 

Buah Anda Sembunyi di Kulkas

Bila makanan sehat Anda tersembunyi atau tidak dalam pandangan Anda, kemungkinan Anda mengkonsumsinya akan semakin sedikit. Kebanyakan buah tidak perlu untuk ditaruh di dalam kulkas, dan secara estetika lebih indah ditaruh di ruang terbuka. Beli wadah buah dan isi dengan buah-buahan dengan berbagai macam warna seperti apel, jeruk atau pear.

Pastikan Anda selalu mengkonsumsi makanan sehat setiap hari

 

AC Anda Terlalu Dingin

Sebuah penelitian yang dirilis oleh jurnal Diabetes menemukan bahwa AC yang dinyalakan saat udara dingin dapat menyerang lemak perut saat kita tidur. Temperatur yang semakin dingin akan mengikis efektifitas tubuh kita menyimpan lemak coklat (lemak yang membuat kita tetap hangat dengan membakar lemak yang tersimpan di perut).  Jadi, ada baiknya menurunkan suhu AC bila udara malam sedang sejuk, untuk membiarkan tubuh Anda membakar lemak dengan efektif.

Service AC Anda secara teratur

Previous Article
Ingin Langsing? Tambahkan 7 Bahan Ini ke Sarapan Anda
Ingin Langsing? Tambahkan 7 Bahan Ini ke Sarapan Anda

Yuk coba tips & trik mempersiapkan sarapan yang selain sehat juga efektif menurunkan berat badan Anda.

Next Article
7 Lipstick Hacks Untuk Lipstik Favorit Anda
7 Lipstick Hacks Untuk Lipstik Favorit Anda

Yuk coba 7 lipstick hacks berikut ini untuk memaksimalkan si lipstik-lipstik favorit Anda.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More