Ikon Lipstik Merah dari Masa ke Masa

July 30, 2015 Fani Rachmita

Lipstik merah memang tak lekang oleh waktu.  Wanita-wanita yang melabrak aturan dan norma tentang wanita pada zamannya secara kebetulan juga penggemar si lipstik merah. Tak heran bila si lipstik merah hingga kini menjadi sebuah statement bagi wanita kepada dunia, bahwa ia percaya diri, sensual, smart dan cantik.

Di akhir abad ke-19, Ratu Victoria mengumumkan bahwa makeup adalah suatu bentuk ketidaksopanan dan sangat tidak populer selama masa pemerintahannya. Hingga seorang aktris asal Perancis bernama Sarah Bernhardt, memulas bibirnya dengan lipstik merah dan mengenakannya di publik.

 

Di tahun 1920-an, Clara Bow, seorang aktris memulas bibirnya dengan lipstik berwarna paling gelap agar gradasinya terlihat saat ia berperan di layar tv. Yang pada saat itu, masih hitam putih.

 

Tahun 1950, lipstik merah mencapai masa jayanya berkat para aktris seperti Marilyn Monroe, Rita Hayworth, Ava Gardner dan Elizabeth Taylor. Lipstik digunakan oleh 98% wanita di Amerika saat itu.

 

Sempat menghilang selama 1 dekade penuh karena tren Mod yang lebih menyukai lipstik warna beige dan putih, si lipstik merah kembali tepat di tahun 80-an. M.A.C yang memperkenalkan line lipstik pertamanya dan Madonna yang memulas bibirnya dengan M.A.C seri Russian Red Color di “Like a Virgin” World Tour, sukses membuat comeback yang fenomenal.  

 

Gerakan grunge di awal tahun 90-an membawa warna coklat dan plum yang dipopulerkan aktris tahun 90-an seperti Drew Barrymore. Lipstik merah dikenakan oleh para starlets, supermodel dan wanita-wanita yang ingin terlihat stand out.

 

Tahun 2000-an Lady Gaga yang eksentrik dan Taylor Swift yang chic kembali mempopulerkan si lipstik warna merah. Meski sempat terkena fenomena lipstik nude dari The Kardashian’s Sisters, lipstik warna merah tetap menjadi simbol untuk para wanita-wanita kuat di zamannya.

 

Previous Article
Metode 424, Rahasia Cantik Pacar Lee Minho
Metode 424, Rahasia Cantik Pacar Lee Minho

Selain memang cantik dari sananya, Suzy punya tips simple, mudah dan murah untuk membuat kulit wajahnya tet...

Next Article
5 Lipstick Matte Tahan Lama dari Harga 28 ribu-an
5 Lipstick Matte Tahan Lama dari Harga 28 ribu-an

5 lipstick matte yang tahan lama dengan harga paling mahal Rp. 150 ribu!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More