Ingin Kurus? Hitung Berapa Kali Anda Mengunyah

December 1, 2015 Fani Rachmita

Memasuki bulan Desember, akan banyak undangan festive events dan acara keluarga dengan banyak makanan lezat yang sulit untuk ditolak! Siap-siap berat badan bertambah kalau Anda tidak mulai menggiatkan kembali aktivitas olahraga dan rencana diet. 

Namun, sebuah studi merilis fakta yang cukup akan membuat rencana menurunkan berat badan Anda akan sedikit lebih mudah. Studi ini mengatakan kalau kita dapat mengurangi berat badan dalam beberapa minggu ke depan dengan mencatat setiap waktu kita mengunyah-menelan makanan yang kita konsumsi!  (sumber: The New York Times)

 

Seperti yang semua orang tahu, salah satu cara "termudah" dalam program penurunan berat badan adalah dengan menghitung kalori. Tapi, menghitung kalori terhitung menyusahkan. Menurut Josh West, associate professor dari health science di Bringham Young University di Provo, Utah, orang-orang tidak suka menghitung kalori karena sangat rumit dan memakan banyak waktu. Anda harus mengetahui berapa kalori yang terkandung pada makanan Anda dan berapa banyak di setiap makanan yang Anda makan dan berapa banyak kalori yang tubuh Anda gunakan setiap hari. "Kebanyakan orang tidak tahu tentang hal ini dan tidak tertarik juga mempelajarinya karena terlalu kompleks," papar Dr. West. Dari sinilah Dr. West dan beberapa koleganya mulai mencoba cara lain untuk menstimulasi pengurangan berat badan yang membawa mereka ke "bite counting". 

Bite counting for weight loss sebenarnya bukan hal yang baru. Banyak program penurunan berat badan yang menyarankan orang-orang untuk mengunyah pelan-pelan dan memfokuskan atensinya ke pengalaman makan. Namun Dr. West ingin sesuatu yang lebih dari sekedar mengunyah dengan perlahan dan menghayatinya. Dr. West dan koleganya kemudian merekruit 61 orang yang kelebihan berat badan, pria dan wanita dari komunitas kampus. Subjek penelitian ini berumur 18-65 tahun dan punya keinginan untuk menurunkan berat badan. Para peneliti kemudian menimbang dan mengukur para relawan dan kemudian memberikan penjelasan tentang bite counting selama 10 menit. 

Bite counting melibatkan angka-angka yang men-track berapa kali Anda mengunyah dan menelan setiap makanan dan cairan kecuali air. Lalu para peneliti meminta para relawan untuk menulis jumlah gigitan mereka untuk setiap makanan dan snack yang mereka konsumsi. Dan di penghujung hari, mereka menyerahkan total gigitan mereka pada para peneliti. Mereka juga diminta untuk tidak mengubah kebiasaan makan mereka. 

Setelah 1 minggu, peneliti kemudian meminta para relawan untuk mengurangi jumlah kunyah-telan mereka 20% hingga 30%. Di akhir bulan, para relawan rata-rata mengalami penurunan badan 1-2 kg. Perbedaan jumlah berat badan yang turun hampir sama antara relawan yang mengurangi jumlah gigitan 20% dengan yang 30%. Namun Dr. West mengatakan kalau grup yang mengurangi 30% kunyah-telan mereka, beralih ke makanan tinggi kalori untuk memuaskan appetite mereka. 

Ingat jumlah yang dihitung adalah berapa kali Anda melakukan kunyah-telan pada makanan Anda. Bukan berapa kali Anda mengunyah. Bila sekarang misal Anda kunyah-telan 1 porsi makanan dengan jumlah 30 kali, untuk mengikuti bite counting, coba kurangi jumlah kunyah telan Anda hingga 20%, yang berarti 24 kali. Jadi setelah Anda 24 kali kunyah-telan, apapun dan berapa banyak makanan yang sedang Anda konsumsi, stop! Juga, kunyah makanan Anda pelan-pelan untuk menikmati setiap lapisan rasanya. 

Lalu bagaimana mengatur bite counting kita saat musim liburan? Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui berapa banyak kunyahan yang Anda lakukan selama hari biasa. Hitung setiap kali Anda mengunyah dan menelan. Selama masa liburan, pertahankan atau kurangi angkanya. Pengurangan kunyahan hingga 20% mempunyai dampak yang paling signifikan. Dr. West juga bilang, untuk membuat proses bite counting ini semakin manjur, tetap konsumsi makanan penuh nutrisi. "Sedikit mengunyah tidak akan membantu Anda mengurangi berat badan, kalau yang Anda kunyah adalah dessert," pungkas Dr. West. 

 

Siap memulai bite counting Anda? Dukung dengan makanan bernutrisi dari Fresh Eat Catering

 

 

Previous Article
Cek Apa Kata Bunga Favorit Tentang Kepribadian Anda
Cek Apa Kata Bunga Favorit Tentang Kepribadian Anda

Say it with flowers! Namun kali ini sebaliknya, bunga yang akan mengatakan sesuatu tentang Anda.

Next Article
5 Teknik Mengaplikasikan Lipstik Warna Gelap
5 Teknik Mengaplikasikan Lipstik Warna Gelap

Setelah lipstik glossy, lipstik warna nude, lipstik dengan warna elektrik dan lipstik matte, kini lipstik d...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More