Jangan Anggap Sepele, Kenali Tujuh Jenis Makanan Penyebab Jerawat

November 21, 2017 Chatarina Komala

Sebenarnya, ada banyak faktor penyebab jerawat. Secara psikologis, jerawat bisa timbul akibat stres, pengaruh hormon, serta indikasi sebuah penyakit. Sementara itu, bagi yang kerap abai merawat kulit--jerawat bisa muncul akibat paparan debu maupun polusi.

Nah, keberadaan jerawat tadi bisa makin parah apabila Anda tidak menjaga pola hidup sehat. Kadang kala, timbulnya jerawat juga dipicu oleh konsumsi makanan tertentu. Apa saja, sih?

 

Baca juga:

 

1. Gorengan dan Makanan Berminyak

Ilustrasi: www.tes.com

Mengonsumsi terlalu banyak gorengan (makanan yang digoreng); terlebih jika menggunakan minyak kotor sudah pasti berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Kebiasaan ini terbukti mampu menambah asupan minyak dan lemak ke dalam tubuh; dan “mengganggu” proses pembentukan sel kulit yang sehat.

Selain itu, asupan lemak yang berlebih biasanya akan dikeluarkan tubuh melalui pori-pori kulit. Nah, kulit yang berminyak (terutama wajah) dapat menjadi tempat favorit bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Apalagi, kalau Anda malas membersihkan wajah.  

 

2. Kacang-Kacangan

Ilustrasi: www.southfloridareporter.com

Meski bukan penyebab utama, terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan bisa meningkatkan risiko terbentuknya jerawat. Pasalnya, kacang juga mengandung lemak yang jika masuk ke tubuh dalam jumlah banyak; akan mengganggu proses pembentukan kulit sehat.

 

3. Gula

Ilustrasi: www.kaylaitsines.com

Tingginya kadar gula dalam tubuh bisa berdampak pada pembentukan lemak berlebih. Dalam jangka panjang, hal ini bisa memicu wajah berminyak dan berjerawat. Apalagi, sistem imun pun jadi menurun sehingga tubuh rentan bakteri.

 

4. Susu

Ilustrasi: www.bbcgoodfood.com

Agar terhindar dari risiko jerawat, Anda memang dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi produk susu. Pasalnya, selain mengandung lemak--asupan susu yang berlebihan juga mampu mengacaukan kerja hormon. Nah, ketidakstabilan hormon inilah yang akan membuat kelenjar kulit tidak lagi mampu memerangi bakteri penyebab jerawat.

 

5. Makanan Instan

Ilustrasi: www.foodnetwork.com

Harus diketahui, sebagian besar produk instan biasanya mengandung lemak jenuh serta pengawet. Nah, keduanya akan sulit dicerna tubuh; dan bisa tertimbun di seluruh bagian tubuh--tidak terkecuali wajah.

 

6. Kafein

Ilustrasi: www.iftfishing.com

Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat Anda terjaga lebih lama; yang bisa saja berdampak pada kacaunya pola tidur. Sebagai informasi, kafein bukan hanya terdapat pada kopi, melainkan cokelat, teh, obat pereda nyeri, hingga minuman berenergi.

 

Baca juga:

 

7. Alkohol

Ilustrasi: www.eatrightontario.ca

Mengonsumsi alkohol--terlebih jika terlalu banyak--akan memicu risiko kerusakan pada aliran darah. Pada akhirnya, distribusi serta aliran darah kotor ini akan menjadi celah bagi bakteri penyebab jerawat tinggal dan berkembang biak. 

Previous Article
Bagaimana Agar Tetap Produktif di Musim Libur?
Bagaimana Agar Tetap Produktif di Musim Libur?

Akhir tahun sebentar lagi datang. Saatnya mempersiapkan cuti dan kebutuhan liburan. Namun, bukan berarti ha...

Next Article
Pakai Pore Strip, Mengurangi atau Menambah Komedo?
Pakai Pore Strip, Mengurangi atau Menambah Komedo?

Ketimbang facial yang dirasa menyakitkan, pore strip kerap kali digunakan untuk mengangkat komedo membandel...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More