Jangan Khawatir, 6 Mitos Menstruasi Ini Tidak Terbukti Benar!

July 19, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.waktuku.com

Serba salah jadi perempuan kalau sudah menstruasi. Tidak boleh ini dan itu. Dilarang ke sini dan ke situ. Padahal, ada beberapa anggapan yang tidak terbukti benar, lho!

Dalam kondisi normal, seorang perempuan memang harus menstruasi satu bulan sekali. Setidaknya, selama empat hingga tujuh hari, bisa dipastikan hari-hari Anda akan sedikit berbeda. Selain jadi sedikit lebih “repot”, tubuh juga akan mengalami beberapa perubahan seperti meningkatnya nafsu makan, naik-turun suasana hati, nyeri di bagian perut, dan pegal di badan. Tidak heran, jika seluruh perubahan ini kerap mengantarkan Anda pada sejumlah mitos dan larangan yang tidak boleh dilanggar.

Masalahnya, tidak semua larangan tersebut terbukti benar. Beberapa di antaranya bahkan hanya isapan jempol, bahkan terlalu berisiko jika diikuti. Nah, sebelum terlambat, inilah 5 mitos menstruasi yang tidak terbukti benar. Jangan diikuti, ya!

 

1. Tidak Boleh Minum Minuman Dingin

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi larangan ini. Beberapa orang percaya, mengonsumsi minuman dingin akan “membekukan” darah haid dan membuat dinding rahim mengeras. Akibatnya, menstruasi bisa terhambat.

Padahal, sebetulnya minuman dingin tidak berpengaruh apa pun terhadap kelancaran menstruasi seseorang. Apalagi, mengingat menstruasi berhubungan langsung dengan sistem reproduksi perempuan; sementara makan dan minum erat kaitannya dengan sistem pencernaan.

Di sisi lain, lancar atau tidaknya menstruasi seseorang justru dipengaruhi oleh tiga sebab. Ini meliputi masalah pada dinding rahim, hormonal dari indung telur, dan hormonal dari otak seperti stres atau olahraga berlebih.

 

2. Soda Bikin Haid Makin Lancar

Bertentangan dengan poin 1, minum soda bisa dipastikan tidak akan mempercepat haid. Selain tidak bikin lancar, minum soda juga tidak dianjurkan--sebab akan mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh. Adapun alasannya sama dengan poin 1: menstruasi terjadi di saluran reproduksi sementara makanan dan minuman ada di sistem pencernaan.

 

3. Jangan Keramas

Seorang perempuan yang menstruasi dilarang keramas, sebab berisiko sakit kepala. Anggapan ini muncul, karena saat menstruasi--pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar, sehingga kalaupun Anda keramas, dianjurkan menggunakan air hangat.

Nah, harus diketahui--anggapan ini jelas salah. Memang, adanya perubahan pada tubuh kerap kali memicu sakit kepala maupun nyeri pada bagian lain. Namun, ini tidak diakibatkan karena keramas atau mencuci rambut. Justru sebaliknya, Anda perlu keramas untuk menjaga kebersihan bagian tubuh.

 

4. Larangan Berenang

Banyak orang melarang perempuan berenang dengan alasan yang belum terbukti benar. Pertama, dikhawatirkan tekanan air akan menghentikan siklus menstruasi. Kedua, perihal hewan buas yang mampu mencium bau darah saat berenang di laut. Nah, dua anggapan ini jelas tidak benar. Bagaimanapun, berenang tidak akan berpengaruh apa pun terhadap seseorang yang sedang menstruasi. Kedua, belum ada penelitian yang membuktikan kalau perempuan menstruasi lebih berisiko mengalami serangan hiu ketimbang yang tidak.

 

5. Menghindari Olahraga  

Kerap kali, perempuan yang menstruasi sering disamakan seperti orang sakit. Memang, terjadi sejumlah perubahan pada tubuh. Namun, jika belum berhadapan dengan kram hebat atau pendarahan parah--Anda tetap baik-baik saja, kok. Jadi, tidak ada alasan untuk menghindari olahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Bahkan, olahraga justru baik karena bisa melepaskan endorfin--hormon alami pereda nyeri.

 

6. Kekurangan Darah

Sugesti akan “banyaknya darah” yang keluar, kerap kali bikin Anda merasa lemas. Hal ini wajar, sejauh tidak disikapi berlebihan. Sebab, pada dasranya darah yang Anda keluarkan hanya sekitar 35 ml sehari atau sebanyak tiga sampai enam sendok makan. Itu pun merupakan darah kotor. Namun, jika tubuh masih terasa sangat lemas, barang kali ada penyebab lain di luar menstruasi.

Previous Article
Yuk, Kenali Jenis Noda Hitam pada Wajah
Yuk, Kenali Jenis Noda Hitam pada Wajah

Sekilas, terlihat sama. Namun, sebetulnya ada beragam jenis noda hitam di wajah. Apa saja?

Next Article
Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Soal Penggunaan Sheet Mask!
Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Soal Penggunaan Sheet Mask!

Ada banyak pertanyaan seputar penggunaan sheet mask. Yuk, ketahui jawabannya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More