Jangan Lupa Pakai Tabir Surya Saat Naik Pesawat

March 27, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.rd.com

Faktanya, tabir surya penting sekali digunakan saat akan naik pesawat. Mengapa?

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, tabir surya merupakan satu “alat perang” untuk melindungi kulit dari sengatan sinar Matahari langsung. Namun, tahukah Anda, tabir surya juga penting digunakan ketika akan memulai penerbangan?

Memang, ketika berada di ketinggian, tubuh seakan terlindung dari segala bentuk paparan sinar Matahari langsung. Sayangnya, jendela pesawat hanya bisa menghalangi sinar UVB. Sementara itu, paparan sinar UVA diketahui masih bisa menembus, bahkan mengenai kulit dengan konsentrasi paparan yang lebih tinggi. Nah, dampak kerusakannya bisa lebih besar jika Anda terbang lebih tinggi.

 

Bahaya Sinar UVA

Ilustrasi: www.travelandleisure.com

Setidaknya, sebuah penelitian pernah mengungkap hubungan antara paparan sinar Matahari dan penerbangan. Dari sana, disimpulkan bahwa seorang penumpang harus menggunakan tabir surya, sebab pada ketinggian 30 ribu kaki, ia bisa terpapar karsinogen berbahaya selama 56 menit. Adapun beberapa dampak buruk dari paparan sinar UVA, yakni risiko penuaan dini hingga kanker kulit.

Adapun untuk mencegahnya, Anda harus menggunakan tabir surya, dengan kadar minimal SPF30. Gunakan pula sekitar 30 menit sebelum penerbangan, dengan kisaran pengulangan setiap dua jam sekali. Selain itu, perhatikan untuk membawa produk tabir surya dalam ukuran kecil, yakni sekitar 3,4 ons.

  

Previous Article
 Ingin Perut Rata dan Kencang? Yuk, Lakukan 4 Olahraga Ini Sebelum Tidur!
Ingin Perut Rata dan Kencang? Yuk, Lakukan 4 Olahraga Ini Sebelum Tidur!

Kalau tidak punya cukup waktu di pagi hari, Anda bisa, kok, berolahraga sebelum tidur. Nah, jika ingin peru...

Next Article
Menangis Tidak Selalu Berarti Cengeng, Lho, Ini Dia Manfaatnya!
Menangis Tidak Selalu Berarti Cengeng, Lho, Ini Dia Manfaatnya!

Jangan malu atau takut dicap cengeng saat menangis. Ini, lho, beragam manfaatnya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More