Kenali Diri Anda, Ini 5 Tanda Butuh Perlu Detoksifikasi!

August 28, 2018 Chatarina Komala

Hanya Anda yang mengenali kapasitas diri sendiri. Seusai libur dan aktivitas senang-senang, ini saatnya kembali produktif dengan tubuh yang sehat.   

Tidak ada orang selain diri sendiri yang mampu mengenali kapasitas tubuh. Termasuk, tahu kapan tubuh “membutuhkan” bantuan. Memang, secara biologis pun, tubuh sudah memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya dari racun yang hinggap. Namun, jika racun sudah terlalu banyak, Anda juga mesti ikut turun tangan untuk detoksifikasi.

Lantas, bagaimana Anda bisa tahu kapan tubuh perlu detoksifikasi?

 

1. Selalu Merasa Lelah

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com

Ada banyak penyebab kelelahan. Bisa jadi, tubuh memang betulan lelah atau justru hal tersebut bersumber dari pikiran. Apalagi, kalau intensitas Anda beristirahat sudah terbilang cukup.

Adapun selalu merasa lelah adalah salah satu gejala yang muncul ketika tubuh dihinggapi terlalu banyak racun. Nah, jika dibiarkan dalam waktu lama--penumpukan racun ini bisa mengakibatkan kelelahan adrenal, sehingga tubuh terus merasa lelah dan mengantuk. Untuk mengatasinya, nggak bisa dengan konsumsi kafein atau minuman doping, lho. Alih-alih menyembuhkan, keduanya justru bikin parah keadaan.

 

2. Insomnia

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com

Insomnia bisa jadi satu gejala tubuh menerima terlalu banyak racun. Pasalnya, insomnia diakibatkan karena ketidakseimbangan kadar kortisol. Nah, secara alami, tubuh sendiri akan meredakan kortisol di malam hari untuk meredakan stres. Ini artinya, ada yang salah pada jadwal tubuh mengeluarkan racun. Jadi, harus segera lakukan detoksifikasi, ya!

 

3. Naiknya Berat Badan

Ilustrasi: www.time.com

Sudah pasti, ini jadi satu gejala tubuh mendapatkan banyak racun. Biasanya, berupa lemak-lemak jahat hasil pola hidup Anda yang tidak sehat. Nah, kalau sudah naik berat badan begini, harus cepat-cepat diturunkan hingga batas ideal, ya. Jika dibiarkan, obesitas bisa mengundang banyak penyakit, lho.

 

4. Suasana Hati yang Cepat Berubah

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Kalau sedikit-sedikit marah atau senang, jangan dulu salahkan orang atau faktor lingkungan. Pasalnya, bisa jadi penyebabnya adalah diri Anda sendiri. Adapun suasana hati yang cepat berubah bisa dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup.

 

5. Sering Sakit Kepala  

Ilustrasi: www.womens.health-secrets.net

Bagaimanapun, tubuh yang memiliki terlalu banyak racun dapat sering terpapar sakit kepala atau pusing. Pasalnya, sakit kepala sendiri bisa dipicu oleh konsumsi makanan tidak sehat, seperti mengandung pengawet, pewarna, hingga pemanis buatan. Nah, jika gejala ini muncul pada Anda, segera beralih pada konsumsi sayur dan buah yang antioksidan, ya. Selain itu, perbaiki pula pola tidur dan perbanyak aktivitas fisik.

Previous Article
Ini Dia Cara Agar Bulu Mata Palsu Tampak Natural
Ini Dia Cara Agar Bulu Mata Palsu Tampak Natural

Memiliki bulu mata lentik jadi idaman mayoritas perempuan. Namun, karena tidak semua perempuan terlahir dem...

Next Article
Cegah Iritasi Setelah Waxing dengan 4 Cara Berikut!
Cegah Iritasi Setelah Waxing dengan 4 Cara Berikut!

Waxing tidak lepas dari sejumlah efek samping, seperti rasa nyeri, timbulnya ruam, hingga iritasi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More