Kerutan Muncul di Bagian Leher, Apa Penyebabnya?

February 19, 2018 Chatarina Komala

Kulit leher Anda tidaklah bebas dari risiko kerutan. Meski banyak orang mengaitkannya dengan faktor usia, faktanya ada beberapa penyebab lain yang harus Anda ketahui.

Seiring berjalannya waktu, kulit leher Anda tidaklah bebas dari risiko kerutan. Memang, tidak dapat ditampik--satu alasan paling besar dari kerutan adalah faktor usia. Bagaimanapun, seiring berjalannya waktu, elastisitas kulit akan menurun, lantaran kurangnya produksi kolagen. Kendati demikian, faktanya--penyebab munculnya kerutan pada kulit leher bukan hanya itu. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

 

1. Kurangnya Perawatan

Ilustrasi:www.instituteofaestheticsurgery.com

Banyak perempuan cenderung fokus pada perawatan kulit wajah. Padahal, perawatan kulit leher juga tidak kalah penting, lho. Apalagi, sudah banyak brand yang mulai mengeluarkan produk untuk perawatan kulit leher; seperti krim atau sheet mask.

 

2. Sinar Matahari

Ilustrasi: www.doktersehat.com

Pernah merasa kulit leher dan wajah tampak belang?

Penyebabnya, lantaran Anda terlalu fokus mengaplikasikan tabir surya pada kulit wajah; sehingga melewatkan bagian leher. Sama seperti area lainnya, kulit leher Anda juga bisa “rusak” jika terus terpapar sinar Matahari tanpa perlindungan. Beberapa dampak yang bisa muncul, seperti bintik hitam, kerusakan jaringan kulit dan produksi kolagen, hingga menurunnya elastisitas kulit.

 

3. Posisi Tidur Menyamping

Ilustrasi: www.minq.com

Terlihat sepele. Namun, siapa sangka, posisi tidur bisa berkontribusi pada munculnya kerutan di kulit leher? Nah, jika Anda terbiasa tidur dengan posisi menyamping; ada baiknya segera mengganti posisi menjadi telentang. Adapun posisi tidur menyamping cenderung memberikan tekanan besar pada area wajah dan leher; sehingga bisa menyebabkan kulit jadi kendur.

 

4. Merokok

Ilustrasi: www.elsevier.com

Inilah satu kebiasaan buruk yang harus segera Anda hentikan. Bukan hanya bagi kesehatan, melainkan juga kecantikan kulit. Bagaimanapun, merokok bisa mempercepat proses penuaan pada kulit. Akibatnya sudah jelas, elastisitas kulit akan menurun, sehingga kerutan leher (dan bagian lain) akan dengan mudah terbentuk.

Previous Article
Siapa Ingin Coba Baju Koko A La Black Panther?
Siapa Ingin Coba Baju Koko A La Black Panther?

Dirilis pekan lalu, film keluaran Marvel Studios ini memang menyita banyak perhatian khalayak. Beragam revi...

Next Article
Jangan Menatap Ponsel Terlalu Lama Jika Tidak Ingin Wajah Tampak Lebih Tua!
Jangan Menatap Ponsel Terlalu Lama Jika Tidak Ingin Wajah Tampak Lebih Tua!

Rutinitas dan tuntutan pekerjaan mungkin memaksa Anda untuk lebih lama menatap layar ponsel. Namun, tahukah...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More