Ketimbang Laki-laki, 5 Hal Ini Harus Siap Anda Bayar Lebih Mahal!

August 13, 2018 Chatarina Komala

Banyak pemilik jasa atau produk kerap menerapkan harga berbeda untuk konsumen laki-laki atau perempuan. Bahkan, ada hal-hal yang harus rela perempuan bayar mahal.

Tidak semua barang atau jasa dibanderol dengan harga yang sama. Dalam banyak kasus, hal tersebut bergantung pada di mana barang tersebut dipasarkan, tinggi atau rendahnya kemampuan finansial si calon konsumen, hingga jenis kelamin.

Setidaknya, beberapa sumber menyebutkan--ada benda atau jasa yang harus rela perempuan bayar mahal. Salah satunya, bisa dikenali dari warna produk--atau istilah pink tax. Adapun pink tax ini merupakan istilah yang ditujukan untuk barang-barang warna merah muda (pink) yang cenderung dibanderol dengan harga lebih mahal. Nah, selain barang-barang warna merah muda, kira-kira apa saja hal yang harus siap Anda bayar lebih mahal?

 

1. Jasa Potong Rambut

Ilustrasi: www.hairfinder.com

Pernah membandingkan harga potong rambut antara perempuan dan laki-laki? Nah, kendati “hasil potongnya” sama, rupanya perempuan harus rela membayar lebih mahal ketimbang laki-laki. Beberapa mungkin menganggap, hal ini dipengaruhi oleh teknik memotong rambut perempuan yang dinilai lebih rumit. Namun, pada dasarnya tidak ada perbedaan yang berarti, kok. Alias, sama saja.

 

2. Pakaian

Ilustrasi: www.express.co.uk

Sudah rela memakan waktu yang lama untuk memilih pakaian, rupanya perempuan juga harus “ikhlas” untuk membayar lebih mahal. Memang, tidak dapat dimungkiri--ada beberapa faktor penentu harga, seperti kualitas kain dan jahitan, detail, hingga rancangan. Namun, jika dibandingkan dengan pakaian laki-laki, harga yang dibayarkan masih lebih mahal, lho. Mungkin saja, sebab produsen menyadari--begitu melihat sesuatu yang disukai, banyak perempuan cenderung akan membeli tanpa terlalu mempermasalahkan harga.

 

3. Kecantikan dan Kesehatan

Ilustrasi: www.askallure.com

Sebuah penelitian menemukan, mayoritas produk kesehatan maupun kecantikan untuk perempuan cenderung lebih mahal ketimbang laki-laki. Setidaknya, perempuan harus membayar 11% lebih mahal untuk lotion, 6% untuk sabun, 3% untuk deodoran, dan 40% untuk sampo ketimbang produk yang sama untuk laki-laki.

 

4. Pinjaman Dana

Ilustrasi: www.realdetroitweekly.com

Sebagian besar meyakini, hal ini dipengaruhi oleh pandangan umum soal perempuan dan pekerjaan. Kendati mampu berkarier dengan baik, rupanya perempuan masih dipandang sebelah mata soal kemampuan finansialnya. Buktinya, sebuah studi di Brazil menemukan, kendati tidak akan ditolak saat mengajukan pinjaman, kemungkinan seorang perempuan “disetujui” oleh bank/instansi terkait sangatlah kecil.

 

5. Servis Mobil

Ilustrasi: www.prjktruby.com

Sebuah penelitian dari Northwestern University dan National Bureau of Economic menemukan, ada harga berbeda yang dibebankan saat seseorang perempuan dan laki-laki menelepon mobil untuk melakukan servis. Dalam hal ini, tentu saja perempuan akan mendapatkan harga yang lebih mahal untuk produk maupun layanan yang sama.

Previous Article
Cegah Iritasi Setelah Waxing dengan 4 Cara Berikut!
Cegah Iritasi Setelah Waxing dengan 4 Cara Berikut!

Waxing tidak lepas dari sejumlah efek samping, seperti rasa nyeri, timbulnya ruam, hingga iritasi.

Next Article
Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Air Dingin
Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Air Dingin

Ada banyak trik dan tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Namun, bagaimana jika Anda sudah bisa ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More