Mendeteksi Penyakit dari Letak Jerawat

July 15, 2015 Rizka Hidayat

Photo credit: www.sisiremaja.com

Ketika jerawat timbul, biasanya apa yang kamu lakukan? Yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah membiarkannya saja hingga jerawat tersebut kering dan kemudian menghilang. Akan tetapi, apakah jerawat tersebut tidak hilang-hilang sebagaimanapun cara yang kamu lakukan untuk menghilangkannya termasuk sudah berusaha berhenti mengenakan make-up ataupun berkunjung ke klinik wajah.

Akan tetapi, jangan menganggap urusan yang berhubungan dengan jerawat adalah masalah yang remeh. Kenapa? Karena jika jerawat timbul pada wajah dan tidak kunjung hilang, berarti terdapat penyakit yang menghantam tubuhmu. Kamu dapat mendeteksi penyakit dari letak jerawat yang kamu dapatkan pada wajah. Diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

1. Dahi

Terletaknya jerawat pada dahi biasanya menandakan bahwa kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak. Jenis-jenis makanan yang berlemak tersebut seperti junk food, susu, coklat, dan sebagainya. Jika kamu ingin jerawat pada dahi hilang, kamu harus memulai untuk makan makanan yang berserat seperti sayuran dan juga menyegarkan seperti mentimun.


2. Di antara alis

Sama halnya jika kamu dapat melihat jerawat pada pertengahan diantara dua alis itu pertanda bahwa kamu memiliki asupan makanan yang gizinya tidak seimbang. Maksudnya, kamu terlalu banyak makanan yang berminyak dan atau hidangan yang mengandung minyak alami seperti keju. Kamu harus mulai mengatur asupan gizimu. 


3. Di kanan atau kiri mata

Jika kamu mulai merasakan jerawat yang timbul terletak di samping kanan atau kiri mara, kamu wajib berhati-hati. Jerawat yang letaknya didaerah tersebut mempertandakan bahwa kamu memiliki gangguan pada ginjal. Kurangi minum-minuman yang bersoda atau yang terlalu manis dan perbanyak minum air putih.


4. Hidung

Lain halnya jika terdapat jerawat pada hidung. Karena itu pertanda bahwa kamu memiliki masalah dengan tekanan darah. Selain itu juga, jerawat pada hidung muncul karena kamu memiliki kada vitamin B yang tidak stabil. Coba lakukan check-up di klinik atau rumah sakit terdekat.


5. Pipi

Merokok dan alergi juga dapat membuat jerawat timbul pada pipi. Akan tetapi, jika kamu tidak merokok ataupun memiliki alergi terhadap makanan atau apapun, berarti kamu memiliki kadar asam yang terlalu tinggi. Perbanyaklah makan makanan yang berserat dan bergizi seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan.


6. Di sekitar bibir

 Akibat dari munculnya jerawat pada sekitar bibir adalah kemungkinan kamu sedang mengalami perubahan hormon. Walaupun perubahan hormon merupakan hal yang terjadi secara alami dan tidak dapat dicegah, tapi kamu dapat menjalani gaya hidup yang sehat agar mengubah proses perubahan hormon tersebut kembali normal.


7. Dagu

Jika jerawat terdapat pada dagu itu merupakan pertanda bahwa kamu memiliki gangguan pencernaan. Jadi, sekali lagi dihimbau untuk mengkonsumsi makanan sehat dan alami dengan kandungan garam atau gula yang  terlalu tinggi. Jangan lupa juga untuk makan makanan yang berserat ya.

Previous Article
Lipstik Warna Cerah Untuk Dipakai Sehari-hari
Lipstik Warna Cerah Untuk Dipakai Sehari-hari

Di 2015, dunia fashion & beauty is all about, bold, bright, strong statement. Dari tabrak motif, rebel styl...

Next Article
5 Dampak Buruk Begadang
5 Dampak Buruk Begadang

Kamu sering begadang? Ketahui dampak buruknya.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More