Mengembalikan Kreativitas Dalam Waktu 5 Menit

December 30, 2015 Fani Rachmita

"Di kamar mandi!" Begitu jawaban yang sering kita dengar ketika creative people ditanya bagaimana mereka mendapat ide dan inspirasi dalam menciptakan sebuah karya. Ternyata jawaban ini bukan hanya kebetulan semata. Sebuah studi bahkan merilis penelitian terkait hal ini! (sumber: huffington post)

 

Sebuah penelitian yang diselenggarakan Scott Barry Kaufman berkolaborasi dengan supplier showerhead terbesar, Hansgrohe, menemukan bahwa 72% orang di seluruh dunia pernah mengalami mendapat inspirasi ketika mereka sedang di kamar mandi, atau lebih tepatnya ketika mereka mandi menggunakan shower! Bahkan faktanya, dilaporkan bahwa kebanyakan orang mendapat masukan yang segar ketika mereka mandi dibanding ketika mereka ada di kantor!

Semua orang yang bekerja dalam industri kreatif tahu, kalau ide tidak akan didapat dengan hanya duduk di meja menghadap komputer selama  berjam-jam. Namun ketika mereka mulai berjalan untuk sekedar bathroom break, inilah saat dimana pikiran Anda mulai berkelana, saat dimana hal-hal yang hilang dan tak terpikirkan akhirnya muncul dalam pikiran Anda atau yang familiar dengan sebutan "Aha! moment"

Momen mandi menggunakan shower adalah momen dimana kemungkinan besar dan pasti dimana Anda mendapat "Aha! moment". Mandi dengan menggunakan shower dapat memisahkan kita dari dunia luar sehingga kita bisa memfokuskan semua perhatian kita pada hal-hal yang kita bayangkan, memori dan hal lain dalam pikiran yang bisa terkoneksi dengan pemikiran yang kreatif. 

Menurut Harvard psychologist, Shelly H. Carson, distraksi singkat yang disediakan oleh mandi dengan shower dapat berdampak sangat baik untuk kreativitas. Ia juga menjelaskan bahwa interupsi dan pembeda dapat menolong periode inkubasi untuk hal-hal yang terkait dengan pemikiran kreatif. Dengan kata lain, distraksi dapat memberikan break yang dibutuhkan pikiran untuk memutuskan pemikiran yang stuck. 

Percaya tak percaya, Woody Alllen menggunakan teknik ini untuk sepanjang karirnya di bidang kreatif. Penulis dan sutradara ini sempat menyatakan kalau dia secara rutin mandi dengan shower untuk mendapat inspirasi, bahkan terkadang ia hanya berdiri di bawah air selama 1 jam untuk mengeksplor pikirannya dan menunggu hingga ide-ide kreatif mengalir ke otaknya. 

Dalam wawancaranya dengan majalah Esquire di 2013, Woody mengatakan kalau mandi dengan air hangat menggunakan shower adalah momen dimana kita meninggalkan dunia nyata, dan hal-hal (dalam pikiran) terbuka. Tidak harus di kamar mandi untuk mencari sedikit inspirasi kreatif. Temukan tempat personal Anda, dimana Anda bisa terisolasi dari dunia. Jalan-jalan di pantai, ngopi di tempat kopi favorit, atau menyetir sendiri ke tempat yang menenangkan juga bisa menjadi kegiatan alternatif untuk memancing ide-ide kreatif Anda. 

 

Anda kreatif? Asah dan kembangkan skill Anda di sini! 

Previous Article
11 Kado Romantis Untuk Pasangan Anda
11 Kado Romantis Untuk Pasangan Anda

Memberikan sesuatu yang istimewa dan spesial untuk pasangan, bisa memercikkan lagi romantisme hubungan Anda...

Next Article
6 Manfaat Cantik dan Sehat dari Bunga Favorit Anda
6 Manfaat Cantik dan Sehat dari Bunga Favorit Anda

Bunga tidak hanya sedap dipandang, namun juga mempunyai khasiat tersembunyi untuk kecantikan bahkan sejak b...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More