Menurut Penelitian, Anak Sulung Memang Cenderung Lebih Gemuk Dibanding Adiknya

September 8, 2015 Fani Rachmita

Anda si anak sulung, pernah bertanya-tanya kenapa Anda lebih gemuk atau berisi dibanding adik perempuan Anda? Kalau Anda salah satu dari anak sulung yang mempertanyakan hal ini selama bertahun-tahun, kini Anda bisa menemukan jawabannya. (sumber: News Room via Elle)

Sebuah studi yang dirilis di Journal of Epidemiology & Community Health menunjukkan bahwa kakak perempuan memang mempunyai kecenderungan bermasalah dengan berat badan. Para peneliti dari New Zealand dan Swedia mempelajari lebih dari 13 ribu riwayat kesehatan pasangan kakak-adik wanita yang adalah si anak sulung dan anak kedua. Penelitian ini memakan waktu hingga 20 tahun! 

 

 

Para peneliti menemukan kalau wanita kelahiran pertama (anak sulung), 29%-nya akan mengalami kelebihan berat badan, dan 40%-nya berpotensi mengalami obesitas dibanding adiknya. Si anak sulung juga lebih besar saat lahir,  sedikit lebih tinggi saat dewasa, dan mempunyai kadar BMI (Body Mass Index) yang lebih tinggi saat mengandung. Tidak hanya sampai di situ kemalangan si anak sulung. Menurut penelitian juga, anak sulung mempunyai resiko lebih tinggi terkena penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Namun para peneliti mengingatkan karena hasil studi ini berasal dari studi penelitian, tidak ada bukti pasti mengapa hal ini bisa terjadi. Beberapa peneliti melalui CBS News mengatakan kalau kemungkinan hal ini terjadi ada hubungannya dengan level nutrisi di uterus atau plasenta, organ-organ yang me-reprogram bagaimana lemak dan gula disimpan di dalam tubuh. Penyebab lain adalah orangtua yang memanjakan anak mereka dan berpotensi memberikan makanan pada mereka secara berlebihan. Mengacu pada pernyataan sebelumnya tentang obesitas, studi ini berpendapat kalau epidemi obesitas yang terjadi pada anak-anak sekarang berasal dari orangtua yang menginginkan anak yang lebih sedikit. Bagaimana? Apakah artikel ini menjawab pertanyaan Anda si anak sulung yang selama ini bertanya-tanya kenapa si adik lebih kurus? 

 

 

Ingin lebih langsing mengalahkan si adik? Temukan berbagai penawaran slimming treatment.

Previous Article
Berbagai Beauty Treatment Terkini di Emily Beauty Center (EBC)
Berbagai Beauty Treatment Terkini di Emily Beauty Center (EBC)

Bagaimana agar selalu memiliki tubuh dan wajah yang indah, segar dan sehat? Kuncinya ada di perawatan.

Next Article
Tuntaskan Jerawat dengan Sabun Arang
Tuntaskan Jerawat dengan Sabun Arang

Tidak hanya di bidang kuliner, bahan charcoal juga terkandung dalam beberapa produk kecantikan yang mempuny...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More