Pakai Pore Strip, Mengurangi atau Menambah Komedo?

November 19, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: journal.sociolla.com

rasanya, melihat jejak komedo terangkat dan menempel pada pore strip. Apalagi, ketika bercermin--Anda melihat pori-pori di permukaan hidung nampak bersih dalam waktu singkat. Tidak seperti prosedur pengangkatan komedo pada facial yang sering kali menyakitkan, pore strip kerap kali digunakan sebagai cara membasmi komedo yang lebih instan dan nyaman.

Sayangnya, ada anggapan jika menarik komedo menggunakan pore strip hanya akan membuat pori-pori semakin besar. Inilah yang lantas memicu munculnya komedo lebih banyak lagi. Jadi, sudah tepatkah menggunakan pore strip untuk melenyapkan komedo membandel? Atau jangan-jangan; cara ini justru membuat komedo muncul lebih banyak lagi?

 

Baca juga:

 

Mengangkat Hanya di Permukaan

Dr. Arielle Nagler--seorang dermatologis dari NYU Langone Medical Centre, New York--mengungkapkan, pore strip memang memiliki kemampuan menarik dan mengangkat minyak yang telah teroksidasi, kulit mati, dan kotoran. Namun, cara kerjanya hanya sebatas di permukaan. Dengan kata lain, pore strip tidak mengangkat kotoran dan minyak yang tersembunyi di dalam pori-pori.

Dalam waktu lama, kotoran yang terlewatkan, ditambah kulit mati yang bertambah akan semakin banyak dan terakumulasi menjadi calon jerawat maupun komedo. Inilah yang menjadi alasan, meskipun sudah menggunakan pore strip, komedo Anda akan tetap ada dan bertambah.

Di sisi lain, pori-pori merupakan folikel rambut yang memiliki sebaceous gland yang memproduksi minyak. Tidak heran, jika pori-pori sangat mudah tersumbat oleh minyak; dan jadi membesar. Memang, penggunaan pore strip bisa membantu mengeluarkan ragam kotoran, sehingga pori-pori jadi terlihat lebih kecil. Kendati demikian, bukan berarti pore strip membuat pori-pori lebih kecil (atau membesar).

 

Baca juga:

 

Agar Komedo Membandel Hilang

Menggunakan pore strip sebagai cara menghilangkan komedo tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai dianggap sebagai cara satu-satunya, ya. Adapun Anda harus tetap mengikuti petunjuk yang tertera sebelum menggunakan pore strip.

Setelah selesai, segera bilas kulit dengan air bersih. Jangan lupa, segera gunakan pelembap agar pori-pori yang telah terbuka, bisa kembali ke ukuran normal.

 

 

 

  

Previous Article
Jangan Anggap Sepele, Kenali Tujuh Jenis Makanan Penyebab Jerawat
Jangan Anggap Sepele, Kenali Tujuh Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat yang tidak kunjung hilang, pasti bikin siapa pun kesal. Bukan hanya merusak penampilan, nyeri akiba...

Next Article
Sepuluh Makanan Alami Penghilang Bau Badan
Sepuluh Makanan Alami Penghilang Bau Badan

Bau tidak sedap pada tubuh bikin Anda jadi tidak percaya diri? Jangan-jangan, penyebabnya ada di makanan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More