Pengobatan Instan yang Diremehkan oleh Orang Indonesia

July 2, 2015 Rizka Hidayat

Kebiasaan buruk orang Indonesia adalah menawarkan pengobatan instan ketika ada orang yang merasakan sakit pada kepala, perut ataupun pada bagian tubuh lainnya. Namun, apakah kamu tahu betapa bahayanya remedi instan tersebut jika kamu tidak mengetahui penyebab dari rasa sakit yang dialami?

Orang Indonesia dikenal memiliki kepribadian yang baik dan selalu ingin menolong, namun terkadang, kepribadian tersebut malah justru dapat memperbesar masalah. Jika ada seseorang yang datang padamu dan mengatakan "Aduh, pusing nih..." kebanyakan orang akan berusaha untuk memberitahukan remedi instan seperti "Minum obat pusing kepala aja gih beli di supermarket." padahal ia tidak tahu penyebab dari sakit kepala tersebut.

Namun, jika orang tersebut meminum obat yang kamu anjurkan dan ternyata ada penyebab lain yang menyebabkan rasa sakit tersebut, perilakumu akan membuat situasi semakin parah. Jadi, jangan meremehkan remedi-remedi instan yang kamu lontarkan kepada orang yand sedang sakit.

Mau tahu pengobatan apa lagi yang tidak dapat diremehkan? Ini dia.

1. Dipijat ketika merasakan pegal

Photo credit: www.athletico.com

Jika ada salah satu anggota keluarga ataupun teman yang sedang merasakan pegal-pegal atau tubuh sedang tidak fit, pasti mereka akan dianjurkan untuk  dipijat tubuhnya oleh tukang pijat yang dapat dihubungi via telepon untuk datang ke rumah. Beruntung jika mereka memang hanya merasakan pegal-pegal. Jika penyebab pegal-pegal tersebut bukan hanya karena mereka merasa lelah, bagaimana?

Rasa pegal-pegal memang berhubungan dengan kelancaran peredaran darah padah tubuh. Namun, patut diperhatikan juga bahwa jika kamu menghubungi tukang pijat asal-asalan, hal tersebut dapat berakibat fatal. Hal tersebut dikarenakan ilmu pijat itu tidak sekedar melakukan gerakan-gerakan mendorongkan tangan pada tubuh orang yang merasakan pegal, namun terdapat ilmu pijat yang dimana orang-orang ahli memijat diajarkan teknik dan titik pijat yang baik dan benar.

 

2. Kerok badan ketika merasa masuk angin

Photo credit: thenikkijeanproject.tumblr.com

Jika kamu merasa badan tidak fit alias masuk angin, pasti kamu akan dianjurkan agar tubuhmu dikerok menggunakan sebuah logam yang dioleskan pada minyak zaitun ataupun balsem yang kemudian digosok-gosokkan pada tubuhmu. Mengerok tubuh tidaklah baik. Selain dapat membahayakan jika tidak mengetahui penyebab rasa sakit yang sebenarnya, dengan dikeroknya tubuhmu dapat membuat pori-pori pada kulit semakin membesar yang kemudian dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau komedo pada tubuh (biasanya terdapat pada bagian belakang tubuh).

 

3. Oleskan odol pada luka bakar

Photo credit: www.wayneoralsurgery.com

Saran ini sering terdengar apalagi ketika kaki atau bagian tubuh lainnya terkena knalpot motor. Orang Indonesia percaya bahwa dengan mengoleskan odol pada luka dapat menghilangkan rasa sakit dan mempercepat pengeringan luka. Memang odol terbukti dapat mengeringkan luka seperti luka yang diakibatkan oleh knalpot motor, namun, tidak semua odol dapat membantu pengobatan luka tersebut. Lagipula, odol ditemukan untuk membersihkan gigi. Jadi, terdapat zat-zat kimia yang belum tentu baik jika bersatu dengan kulit.

Apakah kamu masih ingin menganjurkan remedi-remedi di atas?

Previous Article
Cara Mudah Membuat Bibir Tampak Pink Alami
Cara Mudah Membuat Bibir Tampak Pink Alami

Cara mudah agar bibirmu tampak pink merona secara alami tanpa penggunaan make-up.

Next Article
Risiko Menggunakan Kawat Gigi untuk Mengikuti Tren
Risiko Menggunakan Kawat Gigi untuk Mengikuti Tren

Risiko yang bisa muncul bila kamu menggunakan kawat gigi hanya untuk mengikuti tren.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More