Perkuat Mental Anda dengan 3 Olahraga Ini

April 5, 2016 Fani Rachmita

Bila Anda menderita depresi atau anxiety (kecemasan), ternyata olahraga yang Anda pilih dan jalani memainkan peranan penting untuk mengatur gejala-gejala yang muncul. (sumber: Health.com)

Menurut Ben Michelis, seorang evolutionary clinical psychologist, persepsi lama tentang body & mind yang beranggapan body & mind tidak punya hubungan sama sekali adalah salah. Tubuh adalah pikiran dan pikiran adalah tubuh. Ketika kita menjaga diri kita sendiri, kita sudah menolong seluruh sistem dalam tubuh. Menurut para peneliti, berikut ini adalah 3 olahraga yang bisa Anda terapkan untuk membuat pikiran menjadi lebih seimbang dan terkontrol.

 

Lari

Ada alasan  mengapa lari menjadi salah satu olahraga terbaik untuk kesehatan. Lari punya banyak kelebihan dibanding dengan olahraga lain seperti membakar kalori, mengurangi nafsu makan, dan menurunkan resiko penyakit jantung. Lari selama 5 menit per hari dapat membantu Anda hidup lebih lama juga lho, menurut penelitian di tahun 2014.

Selain fisik, lari juga dapat membantu memperbaiki mood dengan berbagai cara. Saat berlari, hormon yang memproduksi "mood yang baik", neurotransmitters serotonin dan norepinephrine , selama dan setelah Anda berlari. Gerakan yang berulang ketika lari ternyata mempunyai efek meditatif untuk otak.

Manfaat mental yang ini menurut sebuah jurnal di tahun 2006 berdampak lebih bagus pada mereka yang menderita depresi. Disebutkan, para peneliti menemukan bukti bahwa olahraga lari mempunyai efek penyembuh yang bekerja seperti antidepressant dan mengikis depresi dengan menumbuhkan neuron-neuron baik di otak. Satu lagi, lari juga membuat Anda tidur lebih nyenyak dimana tidur nyenyak berdampak pada keseluruhan kesehatan mental dengan meningkatkan memori, menurunkan level stress dan melindungi dari depresi.

Diskon 80% Membership 1 Bulan dari Rai Fitness Senopati

 

Hiking di Hutan

Tidak hanya kegiatan hiking-nya, pemandangan sekitar Anda juga mempunyai dampak yang menenangkan untuk pikiran. Karenanya,  bila hiking adalah kegemaran Anda, pilih tempat atau jalur hiking yang indah. Banyak penelitian menyebutkan kalau ada bukti bahwa ketika seseorang berada di sekitar tanaman, pohon dan terutama pohon yang membusuk, karena saat pohon membusuk, ia menghasilkan zat yang dapat memperlambat pembusukan yang ternyata berefek sama pada tubuh manusia.

Studi baru menguatkan teori bahwa berada di sekitar alam sangat bagus untuk kesehatan mental. Ditemukan dalam penelitian, anak muda yang jalan ke tempat dengan alam yang masih alami selama 50 menit akan merasa lebih tenang dan fungsi memori meningkat.

Diskon 89% Paket 3, 9 atau 15 Sesi CrossFit dari CrossFit Equator Kemang

 

Yoga

Sebuah studi kecil di tahun 2007 dimana dilakukan penelitian pada partisipan yang mengambil kelas yoga, ditemukan penurunan yang signifikan pada gejala depresi, marah, cemas dan yang berkaitan dengan sistem saraf. Juga, di 2012, sekelompok peneliti menemukan kalau yoga mempunyai efek menyembuhkan pada gejala rasa cemas dan stres.

Metode yoga yang selain menitikberatkan pada stretching dan kekuatan inti, juga fokus pada  pernapasan yang dapat menenangkan pikiran. Pernapasan di yoga bahkan diakui oleh para ahli punya manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan mental dimana saat Anda bernapas dalam-dalam, otak tak sempat untuk merasakan cemas.

 

Previous Article
5 Rumah Spa di Nusa Dua Untuk Menikmati Aromatherapy Massage, Outdoor Jacuzzi, Cocok Bagi Honeymooners!
5 Rumah Spa di Nusa Dua Untuk Menikmati Aromatherapy Massage, Outdoor Jacuzzi, Cocok Bagi Honeymooners!

Pilih yang paling sesuai dengan Anda.

Next Article
Anda Bisa Terlihat Lebih Tua Karena Rambut
Anda Bisa Terlihat Lebih Tua Karena Rambut

Terlihat lebih tua dari umur sebenarnya bukan hanya perkara pilihan baju atau perawatan kulit. Ternyata, ra...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More