Pilih Mana, Hati Bahagia atau Kulit Putih?

September 1, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.rebelcircus.com

Mana yang akan Anda pilih: hati bahagia atau kulit putih?

Kira-kira apa jawaban yang akan Anda berikan jika mendapatkan pertanyaan tersebut? Nah, apa pun jawabannya, boleh simpan dan renungkan dalam hati. Namun, tahukah Anda, alih-alih menginginkan pilihan pertama, rupanya sebagian besar remaja putri di Indonesia justru memilih kulit yang putih.

Memang, kulit putih, mulus, dan tampak bersinar adalah dambaan sebagian besar perempuan. Setidaknya, untuk memenuhi standar “cantik” yang mereka yakini. Padahal, standar kecantikan di berbagai belahan dunia tidak selalu dikaitkan dengan kulit putih mulus atau tubuh yang langsing.

Dengan melibatkan 17.889 partisipan perempuan Indonesia, sebuah survei yang digagas ZAP Clinic bekerja sama dengan Markplus Inc, ZAP Beauty Indeks 2018 menemukan, setidaknya satu dari empat partisipan remaja berusia kurang dari 18 tahun menginginkan kulit putih. Tidak tanggung-tanggung, keinginan tersebut dianggap amat penting, sampai-sampai mereka rela (sekitar 60%) untuk menginvestasikan uangnya pada produk yang diklaim mampu mencerahkan kulit.

Adapun salah satu penyebabnya terkait dengan “tuntutan” standar kecantikan yang berlaku di lingkungan mereka hidup. Padahal, sebetulnya masalah kulit yang dialami bisa saja tidak ada hubungannya dengan kulit putih, semisal munculnya jerawat.

 

Kulit Mulus Jadi Dambaan

Ilustrasi: www.fitandhappy.org 

Itu baru menggambarkan bagaimana kelompok umur di bawah 18 tahun berupaya memenuhi definisi kecantikan mereka. Hasil lain, survei tersebut menemukan--perempuan dengan usia di atas 24 tahun sendiri umumnya lebih percaya diri, stabil, dan bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk produk kecantikan. Dengan kata lain, di sini banyak perempuan sudah mampu menerima dan memiliki standar cantik idealnya masing-masing dan itu tidak melulu berupa kulit putih.

Pun itu sebabnya, selain mencari produk pencerah kulit, sebanyak 53 responden juga menginginkan produk yang mampu menghilangkan bekas jerawat, sekaligus mengecilkan proi-pori kulit.

Previous Article
3 Trik Pakai Eyeshadow Supaya Tidak Berantakan!
3 Trik Pakai Eyeshadow Supaya Tidak Berantakan!

Mengaplikasikan eyeshadow dengan rapi memang butuh jam terbang tinggi. Makin sering dilatih, makin rapi dan...

Next Article
Ini Kiat Mewarnai Rambut dengan Kopi
Ini Kiat Mewarnai Rambut dengan Kopi

Ada banyak manfaat kopi untuk tubuh. Mulai dari merangsang produktivitas, membuat tubuh terjaga, merawat ke...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More