Sembilan Cara Mudah Berolahraga di Rumah

November 28, 2017 Chatarina Komala

Berolahraga penting, terutama untuk menjaga kesehatan. Namun, bagi Anda yang punya aktivitas segudang, rasanya sulit sekali menyediakan waktu sekian jam untuk berolahraga. Jangankan pergi ke pusat kebugaran, untuk berjalan maupun joging kecil-kecilan pun tidak cukup.

Nah, agar tubuh tetap sehat, ada baiknya untuk menyiasati keterbatasan waktu dengan melakukan olahraga murah. Lebih praktis, efektif membakar lemak, dan tentu saja: tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Adapun jenis olahraga ini bisa Anda lakukan setelah bangun atau sebelum tidur. Apa sajakah?

 

Baca juga:

 

1. Naik-turun Tangga

Ilustrasi: www.fitnessvsweightloss.com

Jenis gerakan ini bisa Anda lakukan apabila tinggal di rumah yang memiliki dua lantai. Adapun caranya cukup mudah; cukup naik turun tangga seperti biasa--selama beberapa kali. Nah, untuk meningkatkan stamina, ada baiknya berjalan sedikit lebih cepat (berlari kecil) di akhir olahraga.

 

2. Squat  dan Gerakan Jongkok

Ilustrasi: www.yegfitness.ca

Berdirilah tegak dengan kaki rapat; kira-kira sejajar dengan bahu. Setelahnya, turunkan pinggul seperti akan duduk di kursi. Namun, ketika melakukan gerakan ini--pastikan badan tetap tegap dan pandangan lurus ke depan, ya. Anda bisa melakukannya sebanyak sepuluh hingga 20 kali.

 

3. Plank crawl

Ilustrasi: www.fitnessmagazine.com

Posisikan tubuh seperti akan melakukan push up. Setelahnya, letakkan siku kiri di lantai; sementara lengan satunya tetap dalam posisi tegak. Lakukan gerakan yang sama pada siku kanan. Sebagai langkah awal, lakukan selama lima hingga sepuluh set; lalu ditambahkan jumlahnya hingga 20 set.

 

4. Push up

Ilustrasi: www.popsugar.com

Push up penting untuk melatih otot lengan, perut, kaki, hingga pundak. Jika belum cukup kuat, Anda bisa melakukan push up dengan meletakkan lutut di lantai. Lakukan sebanyak 15 hingga 20 kali.

 

5. Walking Lunge

Ilustrasi: www.gethealthyu.com

Posisikan tubuh tegak berdiri selebar bahu. Letakkan lengan di samping tubuh; lalu langkahkan kaki ke depan dan tekuk selebar 90 derajat. Setelahnya, turunkan lutut kiri ke lantai dengan posisi tumit yang menahan beban tubuh. Kembali ke posisi awal (berdiri), lalu lakukan gerakan yang sama dengan kaki yang lain.

 

6. Bridge

Ilustrasi: www.carebaba.com

Biarkan tubuh dalam posisi berbaring, lalu letakkan lengan di samping. Tekuk bagian lutut Anda; dengan kondisi betis tetap lurus/sejajar dengan telapak kaki. Angkat pinggul hingga lurus dengan bahu; tahan selama tiga detik, dan turunkan secara perlahan. Ulangi gerakan ini sepuluh hingga 15 kali.

 

7. Superman back extension

Ilustrasi: www.sarcasm.co

Sesuai namanya, posisikan tubuh seperti seorang Superman yang sedang terbang. Pastikan, hanya bagian perut Anda yang ada di lantai. Tahan selama tiga hingga lima detik; lalu ulangi.

 

8. Bird Dog

Ilustrasi: www.gethealthyu.com

Posisikan lutut rapat sejajar dengan pinggul; sementara telapak tangan di lantai sejajar dengan pundak. Angkat tangan kanan ke depan sejajar dengan pundak; lalu kaki kiri ke belakang lurus dengan bokong. Tahan selama beberapa detik, kembali ke posisi awal, dan ulangi di sisi yang berlawanan.

 

Baca juga:

 

9. Wall-sit

Ilustrasi: www.bodybuildingestore.com

Berdirilah membelakangi dinding kosong. Usahakan bagian punggung menempel pada dinding, lalu turunkan badan dengan menekuk lutut (seperti posisi duduk), tahan selama tiga detik lalu berdiri. Ulangi gerakan ini sebanyak sepuluh hingga 15 kali.

Previous Article
Segera Hindari Sembilan Sikap Buruk Agar Karier Menanjak
Segera Hindari Sembilan Sikap Buruk Agar Karier Menanjak

Bukan hanya performa, sikap seorang karyawan juga menentukan kualitasnya secara umum. Yuk, hindari sembilan...

Next Article
Ini Dia Tujuh Kesalahan yang Menghambat Karier Anda!
Ini Dia Tujuh Kesalahan yang Menghambat Karier Anda!

Setiap orang menginginkan kemajuan dalam karier. Entah dari segi jenjang maupun besaran gaji. Namun, tanpa ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More