Stress Pasca Liburan? Ini Dia 7 Cara Mengatasinya

December 9, 2015 Fani Rachmita

Dengan segala kemeriahan dan keseruan liburan, hal-hal yang Anda lakukan selama liburan ternyata juga dapat menyebabkan stress! (sumber:  daily makeover)

Belanja di toko yang penuh sesak, menyiapkan makan malam untuk keluarga besar dan menyelesaikan pekerjaan sebelum tahun baru, yup sederet aktivitas ini bisa membuat Anda menjadi lebih tertekan dan cenderung tidak bisa menikmati momen liburan itu. Sebelum memulai aktivitas seperti biasa nantinya setelah liburan, pastikan untuk menenangkan kembali pikiran dan mental Anda. Cukup dengan mengambil 10 menit waktu Anda.

 

 Jalan-jalan
Tidak harus jalan-jalan jauh, mengelilingi komplek rumah atau pergi ke taman terdekat bisa me-rileks-kan pikiran Anda dan membuat aliran darah lancar serta melepas endorphin (hormon yang meningkatkan mood). 

1 Day Trip ke Tebing Keraton dari Yuk Trip


Meditasi 
Meditasi, berdiam diri, menyepi selama 5 menit akan menurunkan detak jantung dan tekanan darah yang akan membuat relaks otot Anda. Temukan tempat dalam rumah yang sepi, duduk dan coba kosongkan pikiran. Kemudian, fokus pada satu hal, atur napas sehingga menjadi irama. 


Menyesap Teh 
Green tea tanpa kafein akan membuat Anda lebih tenang karena green tea mengandung theanine,  asam amindo yang membuat tubuh relaks. Hindari minuman berkafein karena akan memperparah stress Anda. 

Voucher Dining senilai Rp. 50.000 dari Lewis & Carroll Tea


Membaca
Pilih buku komik atau novel dengan cerita ringan untuk meringankan otak. Atau lakukan hal lain yang dapat men-distract pikiran Anda seperti olahraga. 


Hewan Peliharaan 
Sebuah studi menemukan kalau seseorang menghabiskan waktu dengan kucing atau anjingnya saat stress dapat menurunkan tekanan darah mereka. Luangkan waktu Anda dengan si hewan kesayangan. Bermain dengan mereka atau membawa mereka ke salon juga bisa Anda lakukan. 

Paket Pet Care Treatment dari Fur and Friends

 

Makan Cokelat 
Saat stress, Anda kehilangan serotonin, kimia dalam otak yang mengontrol ketenangan. Makanan manis seperti coklat, pretzel atau ice cream bisa meningkatkan kadar serotonin lho! Dan setelahnya tubuh Anda pun kembali relaks. Bahkan menurut penelitian, mengkonsumsi black chocolate satu hari selama 2 minggu dapat menurunkan kadar hormon stress. 

Chocolate Cheese Cake dari The Cake House

 

Mendengarkan Musik
Di tahun 2010, sebuah studi menemukan kalau seseorang yang mendengarkan musik favorit mereka mempunyai sirkulasi yang lebih baik dibanding yang tidak. Saat mendengarkan musik, pembuluh darah menjadi terbuka, yang melambatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah dan melemaskan otot yang membuat tubuh menjai relaks. Satu tips, jangan mendengarkan lagu yang sama berulang-ulang, menurut para dokter, mendengarkan lagu yang sama berkali-kali akan mengurangi efek baiknya. 

Music Course Package dari Domusica Music Learning Center

 

Previous Article
6 Alasan Penting Kenapa Anda Butuh Pasangan
6 Alasan Penting Kenapa Anda Butuh Pasangan

Well, tentu saja banyak keuntungan mental yang Anda dapatkan saat Anda in relationship. Tapi selain itu, ma...

Next Article
Secara Mengejutkan, Menggabungkan 2 Makanan Ini Ternyata Sehat Untuk Tubuh!
Secara Mengejutkan, Menggabungkan 2 Makanan Ini Ternyata Sehat Untuk Tubuh!

Tak hanya menawarkan rasa lezat di mulut, kolaborasi dua makanan juga dapat memberikan manfaat sehat pada t...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More