Ternyata, Menggunakan Sabun Batangan Tidak Berbahaya, Lho!

July 9, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.organicmattersoap.com

Banyak orang mungkin menghindari penggunaan sabun batangan, sebab takut terkontaminasi bakteri yang melekat pada si pengguna sebelumnya. Padahal, anggapan itu salah, lho.

Demi alasan kebersihan, sebagian besar orang memilih sabun cair ketimbang yang berbentuk batangan. Mereka menganggap, menggunakan sabun secara bersama-sama bisa menularkan bakteri atau virus, yang mengendap dari tangan kotor pengguna sebelumnya. Namun, apakah anggapan tersebut benar?

Faktanya, sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 1965 menyatakan, anggapan tersebut tidaklah benar. Pasalnya, sabun batangan tetap steril dan tidak memicu penularan penyakit, kendati digunakan bersama-sama.

Untuk membuktikannya, peneliti melakukan percobaan dengan terlebih dulu mengontaminasi tangan mereka dengan bakteri dan virus. Setelahnya, mereka lalu mencuci tangannya dengan sabun batang. Nah, setelah beberapa saat, sabun tersebut juga digunakan untuk mencuci tangan peneliti lain.

 

Tidak Ada Bakteri yang Menular

Ilustrasi: www.today.com

Hasil akhir penelitian menemukan, kendati menggunakan sabun yang sama, tidak ada bakteri atau virus yang menular dari peneliti pertama ke orang kedua. Sabun batangan yang digunakan tetap steril, bahkan sekalipun sudah terkontaminasi kondisi ekstrem.

Jadi, jangan takut untuk mencuci tangan dengan sabun batangan, ya. Lebih khawatirlah pada tangan yang kotor dan tidak dicuci, sebab ini bisa memicu masuknya bakteri ke dalam tubuh.

Previous Article
Tiga Cara Agar Lipstik Awet Seharian!
Tiga Cara Agar Lipstik Awet Seharian!

Ini tiga kunci agar lipstik Anda awet seharian.

Next Article
Ini Dia 5 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah
Ini Dia 5 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah

Jangan keburu panik, ini dia lima cara mengatasi breakout pada wajah.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More