Tidak Bahagia Saat Musim Liburan? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya

December 18, 2015 Fani Rachmita

Pernah merasa tidak mood menyambut liburan?  Merasa kesepian di tengah keramaian?  Tenang, Anda tidak sendiri. Bahkan ada penjelasan medis tentang kondisi ini. Anda juga melawan mood yang drop ini dengan beberapa cara kok. Yuk, kembalikan semangat liburan akhir tahun Anda.             (sumber: Huffington Post)

 

 

Holiday Blues dan SAD

Ada dua kondisi mental yang membuat mood drop saat atau menjelang liburan, holiday blues dan SAD.  SAD (Seasonal Affective Disorder) adalah suatu kondisi mental yang turun karena kekurangan sinar matahari. Tubuh Anda bereaksi pada level sinar matahari yang mengandung energi yang menyebabkan Anda butuh lebih banyak tidur, dan membuat mood down. 

Sementara itu, holiday blues terjadi bergantung situasi dan kondisi. Holiday blues adalah reaksi seseorang pada sesuatu. Sesuatu ini bisa jadi tekanan untuk belanja, tekanan untuk ceria karena ini liburan, dan tekanan untuk bersosialisasi dengan orang-orang, terutama dengan orang yang Anda tidak suka

Beberapa gejala SAD dan holiday blues memang kurang lebih mirip, termasuk perasaan stress, tegang dan sedih. Yang membedakan, SAD bisa diobati, karena terjadi akibat proses ilmiah yaitu, kekurangan sinar matahari. Anda bisa pergi ke tempat yang banyak mendapat sinar matahari untuk "mengisi" tubuh Anda dengan manfaat sehat sinar matahari. Sementara untuk holiday blues, ada beberapa teknik dan metode yang bisa Anda ikuti di bawah ini: 

 

1. Cek Ekspektasi 

Bila Anda mempunyai ekspektasi bagaimana liburan seharusnya, mungkin Anda harus mengevaluasi ekspektasi tersebut. Mengharapkan holiday travel untuk berjalan lancar dan sempurna sangat tidak realistis, karena ketika menemui kesulitan atau halangan, ini akan sangat membuat Anda kecewa. 

 

2. Perencanaan

Pikirkan lagi hal-hal yang membuat mood Anda drop di liburan tahun lalu, suasana seperti apa, komen seperti bagaimana yang membuat Anda sedih dan stress. Kemudian, coba untuk menghindarinya. Kalau Anda selalu beradu pendapat dengan sepupu, coba hindari untuk duduk dekat dengannya. Dan bila Anda akan sendiri di liburan ini, rencanakan hal lain untuk dilakukan misal, melakukan kegiatan charity yang dapat menyeimbangkan 

 

3.  Pilihan

Kita memang tidak mempunyai kontrol untuk semua situasi, tapi kita punya kekuatan untuk memilih situasi. Bila ada pesta dimana Anda tidak diundang, beberapa orang akan merasa ditolak dan tidak diinginkan. Beberapa orang lain hanya akan merasa hanya kehilangan satu pesta di tengah holiday season yang sibuk, dan tidak mempermasalahkannya. Anda juga bisa memutuskan, dibanding mendatangi pesta akan lebih baik untuk tinggal di rumah dan menikmati film, pergi berbelanja atau berolahraga. 

 

4. Kurangi Social Media 

Bila Anda termasuk yang sering terkena holiday blues, pertimbangkan untuk mengambil social media break, tidak terkoneksi dengan social media. Perasaan-perasaan seperti tidak dilibatkan, kesepian atau kehilangan dapat muncul saat Anda melihat foto dan cerita bahagia yang di-share orang lain di social media. Beberapa penelitian menyebutkan, orang yang terlalu sering melihat situs social media lebih tidak bahagia dibanding yang tidak. Terutama di musim liburan, social media bisa jadi semacam siksaan, karena akan muncul rasa membandingkan. Ingatkan diri Anda, kalau social media hanyalah sepenggalan cerita dari hidup seseorang, bukan perwakilan dari keseluruhan hidup mereka!

 

5. Mindfulness

Konsep dari mindfulness adalah, kita diajak untuk fokus dan menyadari momen-momen yang terjadi dalam hidup kita dan menerima apa yang terjadi baik itu buruk ataupun bagus. Bila Anda bisa menerima kalau holiday penuh dengan tantangan, mood Anda akan meningkat. Anda juga bisa memberi reward pada diri sendiri, dengan meyakinkan diri kalau setelah halangan ini, Anda akan mendapat hasil yang baik. 

Latih Pikiran Anda, yang Tak Hanya Melepas Stress Namun Juga Bisa Bikin Kurus! 

 

6. No, Thanks 

Beberapa orang memang sudah tidak dapat merasakan holiday spirit dan bahkan menganggap holiday sebagai sebuah gangguan. Semakin mereka  mencoba untuk engage dengan holiday spirit, akan semakin buruk hasilnya. Bila ini terjadi, Anda sangat boleh untuk melewatkan event-event yang Anda tidak ingin datangi.  Selain menghindari membuat mood orang lain rusak karena Anda tidak sedang dalam satu visi yang sama, Anda juga bisa merencanakan hal lain yang menyenangkan yang bisa Anda lakukan. 

Traveling ke Bali dengan Potongan Harga Gila-gilaan! 

 

 

Previous Article
Hati-Hati Dengan 6 Hal Yang Mempercepat Penuaan Pada Wajah Ini!
Hati-Hati Dengan 6 Hal Yang Mempercepat Penuaan Pada Wajah Ini!

Memang mustahil untuk muda selamanya, namun Anda bisa memperlambat penuaan! Dengan menghindari 6 hal ini.

Next Article
Orang Yang Gemar Sumpah Serapah Lebih Pintar Dibanding yang Tidak
Orang Yang Gemar Sumpah Serapah Lebih Pintar Dibanding yang Tidak

Sedari kecil, kita selalu diajarkan untuk tidak berkata kasar. Namun menurut penelitian, seseorang yang mel...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More