Tuntutan Menggunakan Makeup Setiap Hari? Ini Caranya Agar Kulit Tetap Sehat!

June 10, 2018 Chatarina Komala

Ada kalanya, tuntutan pekerjaan membuat Anda harus menggunakan riasan wajah setiap harinya. Nah, untuk mengurangi risiko kulit rusak, berikut adalah cara yang bisa Anda coba.

Entah karena tuntutan pekerjaan atau justru ingin menunjang penampilan, setiap perempuan pasti tidak lepas dari makeup. Baik makeup sederhana seperti bedak, lipstik, maupun pensil alis--hingga yang kompleks, mulai dari primer hingga highlighter.

Kendati baik bagi penampilan, penggunaan makeup dalam waktu lama bisa menyebabkan kulit mudah rusak. Kerusakannya juga beragam, mulai dari iritasi, timbul jerawat, ruam, hingga alergi. Berikut adalah beberapa cara agar kulit tetap sehat meski menggunakan makeup setiap hari.

 

1. Pilih Produk yang Berbahan Dasar Air

 

Ilustrasi: www.smithshydraulic.com

Produk makeup maupun skin care berbahan dasar air (water based) jadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kulit tetap sehat meski menggunakan riasan wajah. Kandungan airnya sendiri bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan alami. Selain itu, biasanya produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit dan memiliki formulasi yang ringan. Jadi, Anda bisa meminimalkan efek sampingnya.

 

2. Cari Produk Berlabel Non-comedogenic

 

Ilustrasi: en.vogue.me

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, terlalu sering menggunakan makeup tentu akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Ini sebabnya, gunakan produk berlabel non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori kulit. Nah, jika sudah menggunakan produk ini, lengkapi pula dengan produk yang formulanya ramah untuk kulit, seperti bedak tabur.

 

3. Bahan Dasar Mineral

 

Ilustrasi: www.journal.sociolla.com 

Selain kedua kandungan di atas, lengkapi pula koleksi produk makeup Anda dengan yang berbahan dasar mineral. Biasanya, produk ini dirancang dengan formula yang lebih ringan dan antiiritasi. Jadi, bisa mencegah sekaligus menyamarkan jerawat serta kemerahan di wajah.

 

4. Rajin Membersihkan Wajah

 

Ilustrasi: www.skincarefreak.com

Sudah harus pakai makeup setiap hari, jangan ditambah lagi dengan abai membersihkan wajah. Jika tidak sempat membersihkan wajah setiap saat, setidaknya Anda harus melepaskan sisa-sisa makeup pada wajah ketika ingin tidur. Nah, usahakan agar makeup benar-benar bersih, ya. Jangan sampai ada sisa dan mengendap di wajah Anda selama tidur. Ada beragam produk pembersih yang bisa Anda coba mulai dari facial wash, susu pembersih, micellar water, dan lain sebagainya.

 

5. Disiplin Merawat Kulit

 

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com

Perawatan kulit juga tidak boleh ketinggalan. Anda bisa menggunakan dan mengombinasikan bahan alami, atau justru menggunakan produk perawatan kulit yang banyak tersedia di pasar. Jika sempat menggunakan skin care setiap malam, tentu lebih bagus. Namun, jika tidak--cukup rutin merawat kulit setidaknya dua kali seminggu.

 

  

Previous Article
Sepatu Kekecilan Masih Bisa Digunakan, Kok, Akali dengan Cara Ini!
Sepatu Kekecilan Masih Bisa Digunakan, Kok, Akali dengan Cara Ini!

Jangan patah semangat kalau sepatu favorit Anda kekecilan. Ini dia cara mengakalinya!

Next Article
Tampil Menarik Tidak Butuh Bujet Mahal, Kok, Ini Dia Caranya!
Tampil Menarik Tidak Butuh Bujet Mahal, Kok, Ini Dia Caranya!

Siapa bilang tampil menarik dan berkelas butuh biaya mahal. Yuk, ikuti beberapa triknya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More