Yuk, Kenali Jenis Noda Hitam pada Wajah

July 20, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.okdermo.com

Sekilas, terlihat sama. Namun, sebetulnya ada beragam jenis noda hitam di wajah. Apa saja?

Kemunculan noda hitam di wajah memang sering kali mengganggu. Apalagi, bagi perempuan yang sehari-harinya harus berhadapan dengan banyak orang. Tidak heran, jika sebagian besar berusaha menghilangkan noda hitam pada wajah. Ada yang menggunakan rangkaian produk hingga mencoba aneka treatment. Padahal, sebetulnya ada banyak jenis noda hitam pada wajah.

Nah, sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya mengenali beberapa jenis noda hitam dan penyebab kemunculannya di wajah berikut.

 

1. Chloasma

Chloasma biasa muncul pada perempuan hamil. Penyebabnya, yakni perubahan hormon ketika kehamilan atau justru pemakaian pil kontrasepsi.

 

2. Melasma

Biasanya, gejala ini dapat dikenali dari kemunculan area gelap berbentuk simetris di bagian wajah, sehingga terlihat belang. Pada banyak kasus, melasma muncul di bagian pipi, bibir atas, dahi, atau justru dagu. Nah, lantaran berbentuk simetris, jika seseorang memiliki melasma pada bagian pipi, hampir dipastikan ia juga akan memilikinya di sisi lain.

 

3. Lentigo Surya

Nah, bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, harus berhati-hati pada kemunculan lentigo surya. Adapun noda hitam di wajah ini juga biasa dikenal dengan “bercak penuaan dini” atau “bercak Matahari”. Adapun jika dibiarkan dalam waktu lama, lentigo bisa meningkat seiring bertambahnya usia dan akumulasi paparan sinar Matahari.

 

4. Liver Spots

Hampir sama seperti lentigo surya, liver spots diakibatkan oleh bertambahnya usia seseorang, plus paparan sinar Matahari. Biasanya, liver spots akan muncul di wajah, dahi, lengan, atau bahu.

 

 

Previous Article
Tidak Sempat Keramas? Cepol Rambut dengan 4 Model Ini, Yuk!
Tidak Sempat Keramas? Cepol Rambut dengan 4 Model Ini, Yuk!

Empat model cepol rambut ini bisa jadi solusi kalau Anda sedang “bad hair day”.

Next Article
Jangan Khawatir, 6 Mitos Menstruasi Ini Tidak Terbukti Benar!
Jangan Khawatir, 6 Mitos Menstruasi Ini Tidak Terbukti Benar!

Serba salah jadi perempuan kalau sudah menstruasi. Tidak boleh ini dan itu. Dilarang ke sini dan ke situ. P...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More