Hati-hati, Ada Bahaya Yang Mengintai Dalam Latihan Yoga Anda

April 13, 2016 Fani Rachmita

Di balik ketenangan jiwa dan tubuh sehat yang Anda dapatkan saat latihan Yoga, ternyata ada bahaya yang mengintai Anda! (sumber: ELLE)

Si yoga mat yang Anda gunakan menyimpan banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda! Menurut Dr. Robert Lahita, professor of medicini di Rutgers School of Medicine, yoga mat adalah inkubator sempurna untuk infeksi kulit kita. Yoga mat menjadi sumber yang subur dengan infeksi karena terkena keringat yang kita hasilkan saat latihan dan seringkali yoga mat lupa untuk dibersihkan. 

Yoga mat adalah salah satu peralatan esensial dalam latihan yoga, namun di sisi lain, yoga mat merupakan objek yang rentan untuk menyebarkan infeksi. Apalagi bila Anda terbiasa menggunakan yoga mat dari studio yoga langganan Anda. Saat seseorang mempunyai penyakit kemudian dikeluarkan melalui keringat dan menempel di yoga mat, pengguna yoga mat berikutnya otomatis juga terkena penyakit itu. Majalah ELLE bahkan mengumpulkan sample yoga mat dan men-tes-nya di lab resmi untuk membuktikan berapa banyak kuman, bakteri dan jamur yang menempel. Hasilnya 2 minggu kemudian, di yoga mat tersebut ditemukan organisme Micrococcus luteus dan Empedobacter brevis yang dapat memberikan infeksi pada mulut, hidung dan saluran pernapasan atas dan juga bahkan sistem imun! 

Ini tidak hanya terbatas pada yoga mat pinjaman,  yoga mat milik sendiri juga punya resiko yang sama. Organisme yang berada di yoga mat diambil dari ruangan yang juga dipakai bersama oleh orang lain. Saat seseorang bersin atau menginjak yoga mat Anda, infeksi pun dimulai. Yoga memang sangat bermanfaat untuk tubuh dan jiwa, namun ada hal-hal yang harus Anda perhatikan juga. Misal, bila sedang sakit, jangan menggunakan mat atau handuk dari studio. Bawa sendiri perlengkapan Anda, tentunya juga bersihkan yoga mat Anda secara regular. 

Bagaimana cara membersihkan yoga mat yang benar? Gunakan Lysol spray atau pemutih yang dilarutkan dengan air. Dua bahan ini punya kandungan kimia yang kuat memang, tapi ini diperlukan untuk membersihkan bakteria yang juga kuat. Jangan terlalu banyak menggunakan air dan menyemprot yoga mat Anda karena bila tidak kering benar, bahan kimia ini akan mengendap dan menimbulkan permasalahan baru. 

Penawaran Spesial 90 Menit Kelas Pribadi Yoga Hatha - Yogyakarta, Jawa Tengah

 

 

Previous Article
Tempat Spa Terbaik untuk Pijat Ala Bali di Bali Part. 2
Tempat Spa Terbaik untuk Pijat Ala Bali di Bali Part. 2

Ini dia part kedua list untuk merasakan pijat ala Bali untuk Anda yang ingin membuat tubuh dan pikiran kemb...

Next Article
Mendefinisi Ulang Kata "Cantik" Melalui 5 Wanita Ini
Mendefinisi Ulang Kata "Cantik" Melalui 5 Wanita Ini

Meski begitu, wanita-wanita ini membuktikan kalau memiliki kecantikan fisik yang sesuai dengan stigma "cant...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More