Keuntungan Mengajak Anak ke Pertunjukan Musikal

April 18, 2016 Elfida Lubis

Foto: rsc.org.uk

Jangan bingung ke mana "menitipkan" anak saat Anda pergi menonton pertunjukan teater musikal. Karena berdasar penelitian dan survey sahih yang dilakukan oleh Universitas Arkansas pada tahun 2013, lewat jurnal berjudul "Learning from Live Theater" yang dimuat di educationnext.org, banyak manfaat psikologis yang terjadi pada anak akibat menonton pertunjukan teater secara langsung.

Grivy berhasil menemui Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi., Psi. secara khusus untuk membahas topik ini. Menurutnya, kenapa tidak cukup dengan hanya menonton dari televisi di rumah adalah karena pertunjukan teater yang ditonton secara langsung memberi efek belajar lebih konkrit akibat kemungkinan terjadinya interaksi antara pemain dengan penonton.

Hal ini berlaku untuk semua anak, dalam artian Anda yang memiliki anak hiperaktif tak perlu khawatir anak tidak bisa diam selama pertunjukan berlangsung. Hal ini dikarenakan secara otomatis, anak akan fokus dan menikmati apa yang ada di hadapannya dengan tenang, terlebih bila pertunjukan yang sedang disaksikan sangat atraktif. Untuk itu, memilih jenis pertunjukan juga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda sebagai orangtua.

Masih menurut Vera, usia yang pas untuk mulai memperkenalkan pertunjukan teater adalah sedari dini, sejak anak sudah mulai bisa duduk dan menikmati tontonan. "Ya, sekitar usia 2 tahun sebenarnya sudah bisa," terang Vera.

Lantas, apa sebenarnya manfaat menonton pertunjukan panggung bagi tumbuh kembang anak? Temukan penjelasannya di bawah ini.

 

Foto: visitbellevuewashington.com

1. Merangsang panca indera & memahami cerita (kognitif) 

Keseluruh panca indera anak dirangsang dengan sebuah tampilan yang baru. Ini bagus untuk menambah kepekaan dan fokus untuk menangkap semua informasi dan mengubahnya menjadi pemahaman. Kreativitas serta imajinasi anak juga bisa terbentuk lewat aktivitas karenanya. 

 

Foto: wisegeek.org

2. Mengajak anak untuk belajar tentang ekspresi (emosi)

Emosi yang tertangkap pada mimik atau ekspresi pemain teater dan muncul berulang-ulang merupakan latihan yang bagus bagi anak untuk mengenali emosi. Ini merupakan kemampuan yang bagus apabila rajin dipupuk terus-menerus.

 

Foto: time.com

3. Mengasah keberanian 

Anak akan duduk di kursinya sendiri, tidak dipangku lagi. Interaksi langsung juga mengasah keberaniannya, seperti misalnya ketika para pemain meminta menyanyi bersama, berdiri, atau hal lain yang membuat penonton bersama-sama mengikuti. Kemampuan motorik dan kepekaan terhadap ritme musik pun terlatih.

 

4. Belajar beradaptasi & menghargai orang lain (sosial)

Berhadapan dengan orang ramai yang tak dikenal, lampu ruangan yang diredupkan, dan situasi-situasi lain yang mengharuskan si kecil belajar menyesuaikan diri dengan sekitarnya.

 

Foto: admiraltheater.org

5. Mengajarkan anak tentang bahasa (komunikasi)

Saat mendengar dan menyimak dialog ataupun lagu, anak mendapat stimulasi untuk menambah perbendaharaan kata baru. Bersiaplah menjawab pertanyaannya tentang arti sebuah kata asing yang baru didengar.

 

6. Family bonding

Memang, tak penting seberapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan anak untuk menumbuhkan ikatan dan kasih sayang, melainkan bagaimana Ana memanfaatkan waktu tersebut secara berkualitas. Menonton pertunjukan seni adalah salah satu kegiatan berkualitas yang bisa Anda lakukan untuk mempererat hubungan dengan anak.

 

Foto: nytimes.com

7. Memperkenalkan dunia baru

Anak diajak untuk mengenal sebuah dunia baru yang belum ia ketahui. Dari pengalaman menonton pertunjukan teater, akan muncul banyak pertanyaan yang siap untuk didiskusikan dengan Anda. Tak hanya soal jalan cerita, si anak juga bisa ingin menuntaskan rasa ingin tahunya soal orang-orang yang bekerja di balik kesuksesan sebuah pertunjukan.

 

Sebentar lagi, akan hadir pertunjukan teater musikal yang didatangkan langsung dari Broadway, Amerika ke Jakarta, Indonesia. Diproduksi oleh Broadway Entertainment Group FZ LLC dan NETworks Presentations, LLC, dipersembahkan oleh Ciputra Artpreneur, pertunjukan Shrek The Musical akan dilangsungkan sebanyak 24 kali di sepanjang bulan Mei 2016. Grivy menyediakan tiket pertunjukannya dalam potongan harga. Tak hanya itu, tersedia juga Paket 3 in 1 yang bekerja sama dengan JS Luwansa Hotel & Convention Center, GP Hotel Mega Kuningan, juga UBER, cocok bagi Anda yang ingin menyaksikan pertunjukan ini namun datang dari luar kota.

 

Segera cek promo Buy 1 Get 1 Free tiket Shrek The Musical

 

 



 

 

Previous Article
Wanita Memang Butuh Beauty Sleep
Wanita Memang Butuh Beauty Sleep

"I need my beauty sleep." Lain kali Anda ajukan ini sebagai alasan untuk menolak keluar larut malam, Anda b...

Next Article
Tempat Spa Terbaik untuk Pijat Ala Bali di Bali Part. 2
Tempat Spa Terbaik untuk Pijat Ala Bali di Bali Part. 2

Ini dia part kedua list untuk merasakan pijat ala Bali untuk Anda yang ingin membuat tubuh dan pikiran kemb...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More