Cara Mendapatkan Manfaat Kesehatan Terbaik dari Kopi

April 20, 2016 Fani Rachmita

Entah sudah berapa banyak artikel yang membahas tentang manfaat kopi begitu juga dengan keburukannya. Namun, beragam penelitian yang muncul tentang bagaimana lebih sehatnya para peminum kopi dibanding yang tidak hingga penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi mempunyai umur yang lebih panjang dibanding yang tidak. (sumber: Harper's Bazaar)

 Bagi yang bukan peminum kopi, pasti ada perasaan tergelitik untuk menyicip minuman ini. Berikut ini adalah bagaimana memanfaatkan kebaikan dari kopi dan menghindari keburukannya. 

Kualitas

Kualitas kopi adalah modal utama bahkan yang berperan besar dalam menentukan apakah secangkir kopi ini memberikan manfaat baik untuk tubuh Anda. Sebagai bonus dari kopi berkualitas baik tentunya adalah rasanya yang enak. Do your research bila Anda membeli sendiri biji kopi Anda. Bila membeli kopi di coffee shop, pilih coffee shop yang spesifik, yang benar-benar coffee shop tanpa embel-embel restoran atau café, karena di tempat inilah Anda bisa mendapatkan kopi dengan kualitas yang baik. 


Persiapan 

Ada beberapa metode yang digunakan untuk mempersiapkan kopi. Meski tidak ada metode terbaik dalam menyiapkan kopi, semua metode baik bergantung selera, namun ada beberapa yang harus Anda perhatikan. Drip coffee machine biasanya terbuat dari plastik. Bila terkena panas saat brewing, plastic bisa terkikis masuk ke kopi. Anda yang mempunyai palet rasa yang sensitif pasti bisa merasakan bahan kimianya saat meminumnya. Yang paling aman, gunakan French press yang terbuat dari gelas untuk membuat kopi Anda. 


Waktu 

Waktu yang paling baik untuk minum kopi adalah sebelum jam 2 sing dan dengan pendamping (makanan). Kafein berada di dalam tubuh kita lumayan lama, jadi bila Anda punya kesulitan tidur, jangan meminum kopi setelah jam 2 siang. Bila tidak berhasil juga, stop minum kopi jauh sebelum jam 2 siang dan coba minum kopi berbasis espresso seperti Americano, cappuccino atau latte dibanding kopi biasa. Kopi juga bermanfaat untuk stimulan sebelum Anda mulai berolahraga, bukan setelahnya. 


Pendamping

Butuh waktu untuk obat pada akhirnya mengalir dan menmberikan manfaatnya bagi tubuh, begitu juga dengan kopi. Cara paling baik untuk mencapai kebaukan kopi adalah meminum kopi sembari mengkonsumsi makanan atau snack yang seimbang, yang mengandung protein, lemak dan karbohidrat. Meski bagus dipasangan dengan kopi secara terpisah, akan lebih baik lagi bila makanan atau snack ini sudah mengandung ketiga zat di atas, kenapa? Karena meski sudah terkandung nutrisi di kopi dan mentega (misalnya), campuran ini kurang protein dan karbohidrat. Hasilnya, Anda akan merasa berenergi pagi hari namun rasa lapar akan lebih mudah menyerang, dan tubuh jadi mudah lemas bahkan sebelum mencapai makan siang. Coba sandingkan beberapa telur dan buah-buahan dengan kopi Anda. Atau nikmati cappuccino atau latte Anda dengan buah. 


Pembakaran Lemak

Kopi dapat menjadi cara yang paling bagus untuk mengoptimasi pembakaran lemak dan meningkatkan metabolism. Kopi juga dapat meningkatkan hormone kortisol yang dapat memberikan asupan energi pada tubuh. Karenanya kopi sangat bagus diminum sebelum memulai olahraga, setelah olahraga Anda dapat mengkonsumsi makanan seimbang atau healthy shale untuk mengikis sisa kortisol di tubuh. Kenapa? Karena kortisol berlebih malah dapat memperlambat penyembuhan dan menghambat pertumbuhan dan perbaikan hormon. 

 

Diskon 40% Pilihan Signature Ground / Bean Coffee dari Villagers Kopi

 

Previous Article
5 Tempat Merasakan Spa Bambu Terbaik di Jakarta & Sekitarnya
5 Tempat Merasakan Spa Bambu Terbaik di Jakarta & Sekitarnya

Spa bambu membuat Anda cantik dan segar jiwa raga.

Next Article
Menyembunyikan Bekas Jerawat Dengan 6 Langkah Mudah
Menyembunyikan Bekas Jerawat Dengan 6 Langkah Mudah

Apa jadinya bila si bekas luka harus hilang sesegera mungkin karena Anda ingin menghadiri acara penting? M...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More