Ingin Sehat Plus Sukses Tanpa Olahraga? Coba Cara Ini

May 25, 2016 Fani Rachmita

Ingin menurunkan berat badan dan membuat tubuh sehat tapi malas olahraga? Coba naik angkutan umum secara regular! Menurut  sebuah studi terbaru yang dirilis bulan ini di Lancet Diabetes and Endocrinology, mereka yang menyetir dengan mobil pribadi menuju tempat kerja setiap harinya, mempunyai persentase lemak tubuh dan BMI yang lebih tinggi dibanding mereka yang pergi ke kantor dengan cara lain seperti menggunakan ‪transportasi publik‬, ‪‎jalan‬ atau ‪bersepeda‬.

Tak hanya bagus untuk kesehatan fisik, ternyata komuting (melakukan perjalanan) dengan transportasi publik dapat meningkatkan intelektualitas Anda yang juga dapat mengarahkan Anda menuju kesuksesan. Bagaimana caranya? Coba lakukan hal-hal yang dilakukan orang-orang sukses ini saat sedang komuting di bawah ini. 

 

Setting Today's Goals 

ISTOCK/KIEFERPIX

Dalam sebuah blog post di LinkedIn, Thomas Oppong, penulis buku Building Smartes Habits menegaskan bahwa orang-orang sukses memulai kesuksesannya dari pikiran. Mereka tahu apa yang ingin mereka capai per-hari, per-jam bahkan per-menitnya. Coba manfaatkan waktu Anda saat sedang dalam perjalanan dengan memikirkan atau menulis daftar hal-hal yang akan dan ingin Anda capai hari ini setibanya di kantor. Mulai hari Anda dengan mengerjakan proyek yang paling menginspirasi Anda karena ini akan membuat Anda semakin produktif dan dapat mencapai tujuan Anda lebih cepat dan dalam waktu yang sama dapat meminimalisir menunda pekerjaan. 

 

Olahraga

ISTOCK/OLASER

Sebuah studi dari Archives of Internal Medicine beberapa tahun lalu menemukan bahwa 16% dari para komuter yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau bersepeda, mempunyai sedikit peluang untuk kelebihan berat badan. Mereka juga mempunyai tekanan darah, level triglycerides dan insulin yang lebih sehat. Bahkan menurut sebuah studi di Inggris, pekerjaan Anda akan mengalami peningkatan juga. Dilaporkan, pekerja yang di hari itu berolahraga menjadi lebih produktif dibanding dengan hari dimana mereka tidak berolahraga. Bila Anda baru bisa bersepeda satu kali dalam seminggu, itu lebih baik dibanding tidak sama sekali. Untuk Anda yang menggunakan bus dan kereta, coba masukkan momen berjalan kaki ke kantor untuk 15 menit jalan kaki setiap pagi. 

 

Belajar 

ISTOCK/FOTOGRAFIXX

Waktu menunggu kendaraan atau waktu yang dihabiskan Anda dalam diam selama perjalanan bisa Anda manfaatkan untuk menjadi lebih pintar lho. Download bacaan-bacaan menarik di smartphone Anda yang bisa menemani Anda menghabiskan waktu luang saat komuting. Secara otomatis Anda akan mendapat pengetahuan baru setiap harinya. 

 

Mendapat Inspirasi 

ISTOCK/TARIK KIZILKAYA

Mendengarkan dan mengobservasi sekeliling Anda untuk mengumpulkan ide dapat membantu kerja Anda, terutama yang bekerja dalam bidang kreatif. Yang Anda perlu lakukan adalah membuka mata dan telinga, dan Anda bisa mendapatkan sudut pandang menarik dari kegiatan yang dilakukan orang lain. Mendapat inspirasi dengan cara ini dapat membantu Anda dalam kegiatan sehari-hari termasuk saat bertemu orang baru, Anda bisa dengan mudah "break the ice" dalam obrolan baru. 

 

Selangkah Lebih Maju

ISTOCK/ANNEBAEK

Selalu mengalami morning panic karena sibuk mencari kunci, menentukan baju yang dipakai dan hal lain yang membuat terlambat? Dengan mengganti cara komuting Anda, secara otomatis gaya hidup Anda akan berubah. Anda akan meluangkan waktu malam sebelumnya untuk menyiapkan segala kebutuhan esok hari. Memilih baju yang akan dipakai, menyiapkan bahan untuk sarapan, mencari kunci dan lain sebagainya. Bila Anda meninggalkan rumah dengan teroganisir dan tenang, perjalanan Anda juga akan menjadi lebih nyaman dan mood Anda pun meningkat. 

Previous Article
4 Selebritis Wanita Ini di-bully Karena Makeup
4 Selebritis Wanita Ini di-bully Karena Makeup

Di tengah viralnya makeup, beberapa selebritis ini masih di-bully karena mengaplikasikan makeup yang berbed...

Next Article
11 Perawatan Kecantikan Wajah Yang Harus Dilakukan Selama Berada di Bali
11 Perawatan Kecantikan Wajah Yang Harus Dilakukan Selama Berada di Bali

Area Ubud, Seminyak, Kuta, dan Nusa Dua menawarkan rahasia kecantikannya.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More