Jangan Ngaku Penggemar Lipstik Kalau Belum Tahu 25 Fakta Ini

June 1, 2016 Fani Rachmita

Lipstik alias gincu atau apapun Anda memanggilnya, adalah salah satu kosmetik yang telah menjadi bagian dari hidup wanita sepanjang masa. Sejak ribuan tahun Sebelum Masehi hingga kini, lipstik menjadi hal yang tidak dipisahkan dari wanita dan bahkan menjadi senjata utama bagi wanita selain high heels hingga saat ini. Anda para beauty enthusiast yang menggemari lipstik wajib tahu fakta-fakta di bawah ini tentang "senjata perang" andalan Anda. (berbagai sumber)

 

1. Lipstik Batu Permata 

3000 tahun Sebelum Masehi, para wanita di zaman Mesopotamia kuno disebut-sebut sebagai wanita pertama yang menemukan dan mengenakan lipstik. Mereka membuat sendiri lipstik mereka dengan menghancurkan batu permata untuk menghias bibir mereka. 

 

2. Lipstik Cleopatra

Salah satu cara membuat lipstik selain menggunakan batu permata adalah dengan bahan yang jadi andalan Cleopatra IV ini. Ratu Cleopatra VII menghancurkan semut dan serangga kemudian mencampurnya dengan pewarna merah dan lilin lebah untuk mendapatkan "lipstik" warna merah. 

 

3. Saved by the Queen 

Di pertengahan tahun 1500, lipstik mulai disingkirkan oleh wanita kalangan atas karena identik dengan prostitusi dan wanita kelas bawah. Namun, ratu Elizabeth I mematahkan stigma ini dengan selalu mengaplikasikan makeup wajah dengan warna putih pucat dipadukan dengan lipstik warna merah tua yang terang. 

 

4. Praktek Sihir

Lipstik merah menjadi kontroversi di tahun 1770, saat parlemen Inggris meluncurkan peraturan yang menyatakan bahwa lipstik adalah bagian dari praktek sihir para penyihir untuk menggoda pria yang sudah berkeluarga!

 

5. Big Screen 

Layar tv yang masih hitam putih membuat para aktris harus memulas wajahnya dengan sesuatu yang mencolok agar dapat stand out di layar kaca. Sebuah katalog dari Sears Roebuck (department store) muncul yang menawarkan pemerah pipi dan bibir yang warna merah tua pekatnya diambil dari serangga. Produk dari Sears Roebuck inilah yang digunakan oleh para aktris untuk memulas bibirnya. 

 

6. Kemasan Tabung Pertama

Maurice Levy menemukan tabung lipstik dari bahan metal pertama di tahun 1915. Sebelumnya, lipstik hanya dibungkus menggunakan kertas sutra yang sangat sulit untuk dibawa dan diaplikasikan. 

 

7. Mulai Mainstream 

Ditemukannya lipstick tube mendorong perusahaan kosmetik seperti Chanel. Guerlain, Elizabeth Arden dan Estee Lauder mulai menjual lipstik mereka secara komersial. 

 

8. Elizabeth Taylor

Siapa yang mempopulerkan lipstik warna merah? Berterimakasihlah pada Elizabeth Taylor. Aktris inilah yang membuat memulas lipstik warna merah menjadi sebuah tren di masanya. Namun, agar menjadi satu-satunya yang stand out, Elizabeth melarang aktris lain di film yang sama untuk memulas bibir dengan warna merah sepertinya. 

 

9. Populer 

Di tahun 1940, perusahaan kosmetik seperti Maybelline dan Revlon laris manis menjual lipstik kepada para wanita berumur 16 tahun ke atas yang menjadi pelanggan setia produk mereka. 

 

10. Mod & Punk 

Setelah sekian lama identik dengan warna merah, warna pastel dan nude menjadi semakin populer di era Mod. Sementara era Punk membawa warna hitam dan ungu gelap dalam jajaran warna lipstik yang bisa kita temui di zaman ini. 

 

11. Madonna

Meski tersingkir oleh warna lain, warna merah kembali berjaya dengan perusahaan besar seperti M.A.C yang memperkenalkan line lipstik pertamanya. Madonna yang saat itu menjadi the "it girl" di masanya (1980-1990), terkenal dengan lipstik merah terangnya. 

 

12. Writing on the Mirror 

Tren adegan menulis di kaca menggunakan lipstik paling ikonik adalah adegan dalam film "Butterfield 8" yang dibintangi Elizabeth Taylor 

 

13. Girl Power 

Salah satu iconic scene tentang lipstik dari sebuah film berasal dari film "Thelma & Louise". Cerita tentang petualangan dua wanita ini memang secara garis besar bercerita tentang persahabatan, cinta dan lipstik! Sepanjang film banyak produk makeup ditampilkan. Dan saat Thelma patah hati, Louis membuang lipstiknya dari mobil sebagai simbol kehilangan harapan. 

 

14. 999 by Christian Dior 

Lipstik warna merah ini mempunyai banyak cerita tentang sejarah Christian Dior as a brand. Kabarnya, "999" adalah lipstik pertama yang dipakai di runway show Christian Dior, dulu dikenal dengan nama "9". Dan hingga saat ini menjadi best-selling lipstik Christian Dior dan karena kepopulerannya, lipstik ini juga disebut dengan nama, "Iconic". 

 

15. $$$

Kabarnya rata-rata wanita menghabiskan $15,000 sepanjang hidupnya untuk makeup! Dan sebesar $1,780 -nya dihabiskan untuk membeli lipstik! 

 

16.  Long lasting Formula 

Wanita masa kini patut berterimakasih pada Hazel Bishop seorang ahli Kimia. Berkat dirinyalah formula untuk lipstik tahan lama berhasil ditemukan dan diaplikasikan. Formula ini disempurnakan Hazel Bishop saat bekerja di lab dermatologis setelah Perang Dunia II. 

 

17. Lipstik Termahal 

Salah satu lipstik termahal di dunia adalah lipstik Guerlain bernama KissKiss Gold and Diamond Lipstick. Dibanderol dengan harga $62,000, lipstik versi biasanya sendiri dijual dengan harga hanya $34 saja. Mahalnya lipstik ini karena tabung lipstik yang terbuat dari 110 gram emas 18 karat dan ditempel dengan 199 permata untuk memberikan efek sparkling. 

 

 

18. Bahan-bahan Unik

Sejak ditemukannya, lipstik mempunyai formula bahan beraneka ragam sumbernya. Bahkan dulu pernah dibuat dari bahan beracun selain lemak hewan, keringat domba dan sumsum lembu sebagai bahan dasar pemerah lipstik. Bahan lain yang masih dipakai hingga saat ini untuk membuat lipstik bersinar adalah, sisik ikan. 

 

19. Berkhasiat 

Well, menurut orang-orang di tahun 1500-an, lipstik adalah barang sakti yang dapat mempunyai kekuatan penyembuh. Bahkan Ratu Elizabeth dikabarkan adalah salah satu yang percaya akan khasiat lipstik ini dan meminta dipulas lipstik setebal setengah inch di saat kematiannya. 

 

20. Daya Tarik 

Siapa yang bisa membantah kalau lipstik adalah elemen yang selalu sukses menarik perhatian orang-orang di sekeliling, tentunya termasuk para pria. Hal ini bahkan didukung penelitian di Universitas Manchester dimana pria ternyata memerhatikan wanita yang mengenakan lipstik lebih lama dibanding yang tidak memulas bibirnya. 

 

21. 7.3 Detik 

Masih dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Manchester, ditemukan hasil bahwa pria memandang wanita yang memulas lipstik dengan warna merah selama rata-rata 7.3 detik, sementara wanita dengan lipstik warna pink mendapat perhatian dari pria selama 6.7 detik dan yang tidak mengenakan lipstik selama 2.2 detik. 

 

22. Cosmatae

Istilah di zaman Romawi Kuno untuk para makeup and hairstylist yang bertugas mendandani wanita kalangan kelas atas. Salah satu tugasnya adalah memulas lipstik ke para wanita ini, setiap hari. 

 

23. Emansipasi Wanita 

Lipstik adalah lambang perjuangan! Feminis New York di tahun 1912, mencat bibir mereka sebagai simbol emansipasi dan berkampanye di reli NYC Suffragette untuk meningkatkan awareness akan kesetaraan gender. 

 

24. Favorit Presiden Amerika

Salah satu presiden Amerika Serikat yang adalah seorang pria, ternyata gemar lho memakai lipstik. Hal ini semakin diperkuat dengan fakta yang terlihat di setiap lukisannya dimana dirinya selalu digambarkan dengan bibir yang berwarna. Presiden Amerika Serikat itu adalah George Washington. 

 

25. The Power of Red

Meski banyak warna lain bermunculan sepanjang sejarah, warna merah tidak pernah tergantikan. Hingga sekarang banyak selebritas yang menjadikan lipstik merah menjadi ciri khasnya. Sebut saja Gwen Stefani dan  ratu Burlesque, Dita Von Teese. 

Previous Article
Tempat Spa Terkenal di Bali Ini Juga Punya Menu Perawatan Wajah, Lho!
Tempat Spa Terkenal di Bali Ini Juga Punya Menu Perawatan Wajah, Lho!

Ada 17 pilihan kami sediakan untuk Anda.

Next Article
Rambut Mulai Menipis? Coba Hair Loss Treatment di Sini
Rambut Mulai Menipis? Coba Hair Loss Treatment di Sini

Butuh referensi tempat untuk merawat dan memperkuat rambut Anda agar terhindar dari hair loss? Cek list-nya...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More