Pokémon Go Baik Untuk Kesehatan Mental Anda, Tapi........

July 12, 2016 Fani Rachmita

Siapa yang belum terobsesi pada Pokémon Go? Permainan keluaran Nintendo ini sukses membuat seluruh dunia kecanduan menangkap Pokémon di kehidupan nyata! Aplikasi ini menggunakan GPS untuk Anda berinteraksi dan menangkap Pokémon yang terintegrasi dengan dunia nyata lewat kamera smartphone Anda. Ini membuat para penggunanya termotivasi untuk keluar dari rumah dan berjalan di sekitar lingkungan untuk menemukan Pokemon baru.

(via huffington post)

Awalnya, banyak yang merasa skeptis pada permainan ini, karena merasa ini hanyalah permainan yang akan membuat orang kecanduan dan semakin tidak bisa lepas dari smartphone. Namun ternyata, beberapa hari setelah rilisnya, Pokémon Go mempunyai dampak yang luar biasa bagi para penggunanya, terutama dari sisi kesehatan mental. 

Banyak pengguna Pokémon Go yang membagi kisahnya di berbagai social media platform seperti Twitter dan Tumblr, bagaimana games ini membuat mereka meninggalkan rumah dan melawan anxiety mereka untuk beranjak dari zona nyaman. Bagi para penderita penyakit mental, tentunya ini merupakan sebuah kemajuan dan menjadi terapi tersendiri. 

 

(via buzzfeed)

 

(via buzzfeed)

 

 

(via telegraph)

 

Meski begitu, ada catatan penting yang harus diperhatikan tentang kegiatan luar ruang ini.  Penelitian menunjukkan bahwa berjalan dan menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Di studi yang dirilis tahun 2015 dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa sekelompok orang yang berjalan kaki di alam selama 90 menit menunjukkan berkurangnya kecenderungan untuk berpikir negatif. Meski begitu, ketika grup lain berjalan di kota, tidak ditemukan sama sekali perubahan pada kecenderungan untuk berpikiran negatif. Di 2014, Journal of Experimental Psychologhy menerbitkan studi yang menemukan hubungan antara berjalan dan pikiran kreatif. Para peneliti menemukan bahwa dibanding berjalan di tengah kota, berjalan di tengah alam yang masih alami dapat mengembalikan energi di tubuh yang kecapekan yang berujung pada peningkatan performa saat menghadapi tugas yang berat. Disebutkan juga ada efek menenangkan yang terasa. 

Jadi, mainkan Pokémon Go Anda di lingkungan natural yang segar dan sehat mungkin?

 

Previous Article
Apakah Produk Kosmetik Mengandung Kafein Benar Bermanfaat?
Apakah Produk Kosmetik Mengandung Kafein Benar Bermanfaat?

Kafein tidak hanya ada di makanan dan minuman Anda tapi juga bisa ditemui di produk kosmetik Anda lho! Term...

Next Article
Perlukah Selena Gomez & Justin Bieber Berteman Setelah Putus?
Perlukah Selena Gomez & Justin Bieber Berteman Setelah Putus?

Banyak orang sukses menjadi teman setelah putus dari hubungan. Hmm... lalu kenapa sebagian orang seperti Ju...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More