Apakah Produk Kosmetik Mengandung Kafein Benar Bermanfaat?

July 12, 2016 Fani Rachmita

Kafein tidak hanya ada di makanan dan minuman Anda tapi juga bisa ditemui di produk kosmetik Anda lho! Termasuk diantaranya makeup, krim untuk mengatasi keriput, pengkoreksi bintik-bintik hitam, sabun cair dan shampoo. 

Namun tentu banyak pertanyaan menggelitik benak Anda tentang kafein dalam produk kosmetik seperti apakah memang ada manfaatnya atau hanya sekedar essence? Dan apakah kafein benar-benar bisa terserap di kulit? Tuntaskan rasa penasaran Anda dengan scroll artikel ini ke bawah.  (sumber: caffeine informer) 

 

Apakah Kafein Menyerap di Kulit?

(via fastcompany)

Yup kafein dapat terserap dengan baik di kulit. Faktanya, ada produk yang dirilis beberapa tahun lalu bernama SpotOn yang berfungsi seperti nicotine patch yang memberikan asupan nikotin pada kulit bagi mereka yang berusaha berhenti merokok, SpotOn adalah caffeine patch. Karenanya, sangat memungkinkan untuk mendapatkan kafein melalui kulit yang dapat memenuhi asupan kafein bagi seseorang setiap harinya. 

 

Apakah Kafein yang Terkandung Dalam Produk Kosmetik Untuk Kulit Benar-Benar Mempunyai Manfaat?

(via skincareau)

Perusahaan kosmetik menambahkan kafein pada produk berdasarkan rangkaian studi yang menunjukkan manfaat sehat dari Kafein. Meski begitu, industri ini juga paling andal memberikan janji. Karenanya banyak disclaimer yang bisa Anda baca di produk seperti "reduces the appearance" dan "results not typical" dan sebagainya. Namun beberapa studi ini bisa jadi bahan referensi Anda. 

Sebuah studi dari University of Washington di Seattle dimana mereka melakukan percobaan pada kulit dengan sel sehat dan kulit yang terkena dampak UV dengan reaksinya pada kafein. Kafein mematikan sel-sel kulit yang rusak tanpa memberikan dampak pada sel kulit yang sehat. Selain itu, penambahan kafein pada produk kosmetik juga berasal dari studi-studi yang dirilis selama bertahun-tahun yang menunjukkan kalau kafein mempunyai anti-inflamasi. Yang menjelaskan teori tentang manfaat kopi yang dapat membantu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam pada mata yang disebabkan peradangan dan sirkulasi yang buruk. 

 

Kafein dan Sunscreen???

(via cutandtaste)

Pernah menemui produk sunscreen yang mengandung kafein? Meski sulit dipercaya, ternyata kafein dapat menyerap sinar UVB saat diaplikasikan ke kulit. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan kalau kafein-SB dan kafein adalah agen yang bagus untuk mencegah pembentukan sinar matahari yang menyebabkan kanker kulit! 

 

Previous Article
Paket Spa Ini Cuma Ada di Bali (part 3)
Paket Spa Ini Cuma Ada di Bali (part 3)

Semakin banyak alasan ke Bali.

Next Article
Pokémon Go Baik Untuk Kesehatan Mental Anda, Tapi........
Pokémon Go Baik Untuk Kesehatan Mental Anda, Tapi........

Awalnya, banyak yang merasa skeptis pada permainan ini, namun ternyata Pokémon Go mempunyai dampak yang lua...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More