7 Cara Detox Tanpa Juice

July 18, 2016 Fani Rachmita

Membuang racun dan tetap dapat makan?! Yup, Anda bisa melakukannya. Bila mendengar kata detoks, "jus" menjadi satu kata yang muncul dalam pikiran. Benarkah hanya jus yang dapat membersihkan tubuh dari racun?

Ternyata tidak! Menurut "Eat This, Not That!" meminum jus bukan hanya satu cara untuk detoks, ada banyak cara lain yang dapat membuat sistem pembuangan racun Anda menjadi lebih maksimal. Ini dia 7 cara detoks yang bisa Anda lakukan selain meminum jus. 

 

Bit dan Asparagus 

(foto: yummysuper) 

Menambahkan bit dan asparagus ke diet harian Anda selain lezat juga menambah nutrisi untuk detoks Anda. Santap salada bit saat makan siang untuk melawan radikal bebas dan memastikan toxin di tubuh Anda keluar. Untuk makan malam, steamed asparagus bisa jadi pilihan yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh dan menjadi diuretik alami. 

 

Berry dan Sitrus 

Buah berri dan sitrus mengandung vitamin C tinggi yang akan membantu tubuh Anda merubah racun tubuh hingga menjadi material yang mudah tercerna. Beberapa ahli fitness dan kesehatan merekomendasikan buah blackberry, raspberry, blueberry, cranberry dan strawberry untuk diet. Buah-buahan ini terutama yang berwarna merah mengandung polyphenols, dan senyawa alami yang dapat mencegah lemak terbentuk.

 

Yoga 

Meraih zen Anda dengan latihan yoga adalah cara yang paling jitu untuk tidak hanya mendetoks tubuh tapi juga pikiran. Pose yoga yang paling bagus untuk detoks adalah gerakan yang membutuhkan gerakan memutar yang dapat menstimulasi tiroid Anda dan jalur pencernaan. Pernapasan yang panjang juga sangat penting karena dapat menolong melancarkan proses pengeluaran toxin dari tubuh Anda. Seperti sponge! 

 

Body Brushing 

Menggunakan sikat khusus tubuh yang  keras sebelum Anda mandi dapat menstimulasi sistem limpa yang merupakan bagian tubuh yang sangat erat kaitannya dengan sistem detoksifikasi. Mulai dengan menggosok kaki hingga ke bagian atas tubuh, kecuali wajah dan dada. Pijatan dan gosokan ini dapat melancarkan aliran darah di limpa yang membuatnya terdetoksifikasi. Selain itu, body brushing juga dapat mengurangi selulit, meyingkirkan sel kulit mati, menstimulasi sirkulasi dan memperkuat sistem imun tubuh. 

 

Tidur 

Pastikan Anda mendapat  tidur cukup, 7 - 9 jam setiap malam. Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga tubuh agar tetap pada performa terbaiknya dan dapat melakukan proses detoks secara alami. 

 

Mengunyah dengan Benar 

Di hidup kita yang berjalan dengan cepat dan padat, kita terbiasa untuk makan dengan cepat dan biasanya sembari multi-tasking seperti nonton tv, mengendarai mobil atau berbicara di telepon. Proses pencernaan yang benar membutuhkan kunyahan yang proper agar makanan yang Anda santap dapat terserap baik di tubuh. Coba gigit sedikit makanan dan letakkan sendok atau garpu Anda hingga Anda mengunyah habis makanan. Ini akan mencegah Anda untuk makan dengan terburu-buru. 

 

Positive Thinking 

Dengan membersihkan pikiran, Anda sekaligus juga membersihkan tubuh Anda. Mengeliminasi pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran yang lebih positif sangat bagus untuk proses detoksifikasi emosi dan fisik. Pertimbangkan untuk melakukan teknik relaksasi seperti bernapas dalam, meditasi, yoga, berjalan kaki dan mendapat tidur yang cukup. 

Previous Article
Paket Spa Ini Cuma Ada di Bali (part 4)
Paket Spa Ini Cuma Ada di Bali (part 4)

Spa di pulau dewata, yuk!

Next Article
Tubuh Terlampau Tinggi Berpotensi Terkena Kanker
Tubuh Terlampau Tinggi Berpotensi Terkena Kanker

Tinggi seseorang memang punya dampak positif tapi selain itu juga punya dampak negatif pada seseorang.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More