7 Cara Sederhana Melepas Stress Pikiran

July 31, 2016 Fani Rachmita

Pernah merasa pikiran akan meledak? Biasanya ini terjadi ketika Anda mengalami hari yang stress dan membuat kepala pusing dan serasa ingin meledak. (sumber: Your Tango)

(via Huffington Post)

Bagaimana cara mencari ketenangan jiwa dan pikiran ketika hari sedang tidak berpihak pada Anda? Coba ikuti langkah sederhana ini. 

 

1. Berhenti Sejenak

Cek schedule di kalendar Anda, dan jadwalkan "Me Time". Tentukan tujuan Anda, di rumah atau di luar dimana Anda bisa menikmati 5 menit ketenanangan dengan melakukan kegiatan yang Anda suka seperti membaca atau mendengarkan musik. Break sejenak ini dapat membantu Anda lebih fokus dan kembali terisi energinya. 

 

2. Belajar Melihat Sesuatu dengan Sudut Pandang Baru 

Coba lihat lebih dekat dan lebih detail sesuatu. Ambil satu objek dan amati keseluruhannya; bentuk, warna, tekstur dan segalanya. Cara ini biasa dipakai di universitas terkemuka seperti Harvard, Duke dan Columbia untuk mempraktekkan "mindfulness". 

 

3. Bernapas

Bernapas adalah inti kehidupan. Kita secara tak sadar menahan napas saat merasa cemas atau takut. Kita meningkatkan napas ketika merasa gugup dan stress. Bila Anda menyadari ritme napas Anda dan melatih pernapasan setiap hari, tubuh dan pikiran akan lebih kalem dan siap bila stress melanda. 

 

4. Me, Me, Me Time 

Jalan di pantai atau di hutan, atau tempat yang dekat dengan air. Pergi ke spa house atau melakukan mani pedi. Apapun yang membuat Anda merasa spesial. Anda berhak menerima waktu untuk rileks dan menyingkirkan hal lain yang mengganggu pikiran untuk sementara. 

 

5. Temukan Orang-orang Baru 

Bergabung atau menciptakan grup yang mempunyai visi misi atau tujuan yang sama dengan Anda. Book club, art club atau hal-hal lain sesederhana berbagi cerita tentang kesamaan Anda. 

 

6. Tulis 

Gunakan jurnal, atau ketik di komputer Anda hal-hal yang mengganggu pikiran sehingga Anda bisa melihatnya lebih jelas, pemikiran, harapan serta mimpi Anda. Siapa tahu, hal yang Anda tulis bisa menolong orang lain. Atau Anda juga bisa menulisnya dalam setting private. Apapun itu, menulis adalah hal yang penting untuk membebaskan apa yang ada di pikiran Anda. 

 

7. Bergerak 

Ambil kelas yoga, main tenis atau bersepeda, pokoknya segala hal yang melibatkan kegiatan fisik. Saat menggerakan tubuh, Anda menyediakan ruang untuk pikiran Anda. Jadi, lakukan sesuatu pada tubuh Anda, hari ini! 

 

Previous Article
Gaya Simple Para Selebriti Yang Wajib Anda Tiru
Gaya Simple Para Selebriti Yang Wajib Anda Tiru

Next Article
Ingin Turun Berat Badan?? Jangan Konsumsi Ini!
Ingin Turun Berat Badan?? Jangan Konsumsi Ini!

Jangan khawatir, menurunkan berat badan bukan berarti Anda harus menghindari beragam makanan lezat. Menggan...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More