Khusus Wanita: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Potong Rambut

August 9, 2016 Fani Rachmita

Banyak dari kita yang terkadang meremehkan masalah potong rambut. Dari memotong rambut hanya demi mengikuti tren hingga yang pasrah mengikuti "saran" hair stylist. Jangan kaget kalau hasilnya tidak sesuai keinginan. (sumber: Cosmopolitan)

Berikut ini ada 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memotong rambut. 

 

Bentuk Wajah 

Kenali wajah Anda. Apakah Anda punya bentuk wajah yang kotak, oval, bulat atau berbentuk hati. Dari situ, Anda bisa menentukan jenis potongan rambut yang terbaik untuk Anda. Untuk mengetahui bentuk wajah Anda, yang paling gampang dengan mengecek tulang rahang. Bila tulang rahang Anda agak ke samping, berarti Anda mempunyai wajah kotak seperti Olivia Wilde. Bila tulang rahang Anda melengkung dari dagu ke kuping, Anda mempunyai wajah bulat seperti Christina Ricci. Dan bila dagu Anda runcing dan rahang agak tinggi, berarti Anda mempunyai bentuk wajah oval seperti Sarah Jessica Parker. Bila dagu adalah bagian paling lancip dari wajah, Anda memiliki bentuk hati seperti Reese Witherspoon. Gambar bentuk wajah Anda di atas sebuah kertas, tujuan Anda adalah membuat wajah terlihat oval. Setelah menggambar bentuk lingkaran, kotak, oval dan hati coba gambar potongan rambut yang Anda inginkan, lihat apakah ada bentuk oval tertinggal di wajah Anda. 

 

Tekstur Rambut 

Bila Anda mempunyai rambut yang kasar dan keriting, Anda tidak bisa membawa foto Blake Lively ke hair stylist Anda dan berharap rambut Anda akan mempunyai hasil yang sama. Juga sebaliknya, bila Anda mempunyai rambut lurus yang halus, tidak mungkin Anda memotong rambut dengan gaya Beyonce. Cari selebritis dengan tekstur rambut yang sama dengan Anda. 

 

Realistis 

Bila Anda mencontoh gaya rambut selebritis, sadari kalau mereka rambut mereka mungkin penuh dengan rambut sambungan yang membuat volume dan mereka mempunyai hair stylist yang siap 24 jam membantu membuat rambut mereka siap setiap saat. Realistislah saat ke salon, bicara dengan stylist Anda tentang potongan rambut yang cocok untuk Anda. 

 

Gaya Hidup 

Bila Anda sadar Anda tidak punya banyak waktu untuk menata rambut, maka pilihlah gaya rambut yang simple dan mudah kering dan di-styling. Bila Anda rela menghabiskan waktu untuk menata rambut setiap paginya, Anda bisa memotong rambut dengan perawatan ekstra. 

 

Kesiapan 

Pastikan Anda memang betul-betul siap untuk memotong rambut. Bila Anda mempunyai rambut panjang seumur hidup, potongan rambut bob atau pixie memerlukan mental yang kuat untuk melakukannya. Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pikirkan matang-matang.  

Previous Article
7 Trik Cegah Poni Lepek
7 Trik Cegah Poni Lepek

Saat siang hari yang terik, rambut yang tidak terhalang dengan apapun akan menjadi sasaran empuk matahari, ...

Next Article
8 Cara Hidup Bebas Stress
8 Cara Hidup Bebas Stress

Yup, bahagia dan tertawa adalah cara paling mudah untuk membangkitkan lagi semangat Anda. Butuh pemicu untu...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More