Bekam yang Jadi Idola Para Atlet Olimpiade

August 10, 2016 Fani Rachmita

Untuk kita, masyarakat Asia, bekam sudah jadi teknik pengobatan yang familiar dan bahkan sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Dengan mudah, Anda bisa menemukan klinik bekam di sekitar wilayah rumah atau bahkan sudah mempunyai klinik bekam langganan sendiri. Di ajang Olimpiade Rio 2016, teknik bekam ternyata menjadi primadona! 

Semua, gara-gara Michael Phelps, atlet renang Amerika Serikat yang baru saja mendapatkan medali emas ke-20-nya! Karena menjadi sorotan, bekas bekam di tubuh Phelps pun ikut tersorot. Baru menyadari, pola lingkaran ini ternyata juga ditemukan di tubuh atlet lain! Sejak saat itu, semua media internasional membahas bekam, atau yang mereka panggil dengan nama "cupping". 

(foto: Getty)

Cupping atau bekam sendiri merupakan teknik pengobatan dari negeri Cina yang ditemukan 2,000 tahun lalu. Gelas penghisap digunakan di atas permukaan kulit untuk menarik otot yang kaku atau sakit. Ada 2 tipe cangkir bekam yang digunakan, gelas dan plastik. Cangkir gelas menarik oksigen keluar dari cangkir dengan kobaran api dan kemudian ditempatkan di bagian tubuh yang sakit. Untuk cara yang lebih moderen, cangkir plastik khusus kini dapat menarik udara keluar dengan pompa pengisap yang di-attach di cangkir. Cangkir kemudian ditinggalkan selama 5 hingga 10 menit yang kemudian meninggalkan bekas lingkaran di tubuh, yang dapat hilang setelah 2 atau 3 hari. Bekas lingkaran ini mengindikasikan aliran darah yang lancar. 

Selain Phelps, atlet gymnast, Alex Naddour juga sangat puas dengan praktek terapi ini. Ia bahkan menyebut "cupping" sebagai rahasia suksesnya dalam menjaga tubuhnya tetap sehat dan prima. "Peralatan cupping saya hanya berharga $15 dan ini adalah hal terbaik yang pernah saya beli dengan uang!" ungkapnya Naddour. 

Previous Article
Metabolisme Tetap Kuat dan Sehat Tak Terhalang Umur
Metabolisme Tetap Kuat dan Sehat Tak Terhalang Umur

Metabolisme adalah nama untuk sistem tersebut dimana tubuh mengkonversi kalori dalam makanan menjadi energi...

Next Article
Intip Manikur Legendaris Para Atlet Olimpiade
Intip Manikur Legendaris Para Atlet Olimpiade

Selain pakaian yang fashionable, para atlet wanita ini juga menyempatkan diri mempercantik kukunya lho!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More