Metabolisme oh Metabolisme!

September 7, 2016 Fani Rachmita

Sistem dalam tubuh ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan atau sedang berusaha untuk menjaga agar tubuh ada di berat badan ideal.

(sumber: Cooking Light)

Metabolisme di tubuh adalah sistem yang mengkonversi kalori menjadi energy. Banyak hal yang mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh seseorang. Bisa dari gender maupun umur. Metabolisme menjadi sangat penting karena, bila tidak dijaga akan mengarah pada beberapa isu kesehatan yang mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi seperti seharusnya. Sekali metabolisme Anda melambat, kalori menumpuk dan menjadi lemak yang membuat berat badan menjadi naik.

Jadi, Anda yang sedang program diet atau bermasalah dengan kesehatan karena berat badan, sudah semestinya menjaga metabolisme untuk tetap stabil. Berikut 3 kebiasaan yang dapat membuat metabolisme melambat bahkan berhenti bekerja!

 

Melewatkan Sarapan

Sarapan seperti yang kita semua tahu adalah makanan paling penting dalam satu hari. Sayangnya, berbagai kendala seperti macet, meeting dan aktifitas lain kadang membuat kita lupa untuk mengkonsumsi sarapan. Anda mungkin berpikir itu tidak akan berefek banyak, namun ini sangat bisa mempengaruhi metabolisme. Saat kita tidur, metabolisme melambat, Anda perlu untuk membuat metabolisme kembali berputar dengan memberi tambahan energi. Hindari sarapan dengan gula, pilih makanan yang mengandung protein dan serat tinggi.

 

Tidak Makan dengan Cukup

Anda membutuhkan kalori untuk mem-boost metabolism dan penurunan berat. Bila Anda tidak makan sesuai dengan kebutuhan, Anda akan membunuh metabolisme. Bila Anda tidak mendapat asupan makanan yang cukup, tubuh akan kesulitan berfungsi, metabolism melambat dan kalori akan membakar otot. Tubuh butuh kalori untuk mendapat energi dan bila tidak cukup tenaga di tubuh, metabolisme tidak punya pilihan lain selain berhenti berfungsi. Pertahankan diet Anda dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil dan sehat sepanjang hari untuk membuat energi Anda tetap stabil.

 

Tidak Cukup Tidur

Tubuh kita secara konstan bekerja dan untuk beristirahat, kita harus me-recharge baterai. Kekurangan tidur berkontribusi pada pada banyak factor yang dapat membunuh metabolism. Biasanya, tidur menghasilkan bahan kimia bernama leptin yang memberi sinyal pada otak kalau kita tubuh terpuaskan. Kurang tidur dapat berakibat pada menurunkan jumlah leptin yang diproduksi dan mengarah pada nafsu makan yang tak terkendali dan metabolisme yang melambat. Hal lain yang dapat menyebabkan metabolisme melambat atau mati adalah stress, yang bisa diakibatkan dari kurangnya waktu tidur.

 

Previous Article
Tips Hidup Bahagia Secara Permanen
Tips Hidup Bahagia Secara Permanen

Pernahkah Anda mempertanyakan bagaimana atau apa yang membuat seseorang bahagia?

Next Article
Beragam Gaya Lipstik Merah di Bibir dan Mata
Beragam Gaya Lipstik Merah di Bibir dan Mata

Bosan dengan tampilan lipstik merah Anda? Beberapa trik ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan efek merah ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More