Tips Hidup Bahagia Secara Permanen

September 7, 2016 Fani Rachmita

Pernahkah Anda mempertanyakan bagaimana atau apa yang membuat seseorang bahagia?

(sumber: yourtango)

Segala hal yang dilakukan oleh seseorang yang dapat membantu diri mereka untuk mendapatkan efek positif, secara otomatis akan membuat seseorang bahagia. Akan lebih baik lagi bila ini menjadi suatu kebiasaan, artinya hal yang dilakukan terus menerus. Akan lebih kekal lagi bila kebiasaan ini kemudian menjadi satu ritual!

Apa perbedaan kebiasaan dan ritual? Kebiasaan (habit) adalah sesuatu yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-sehari tanpa paksaan, sementara ritual ada sesuatu yang dilakukan karena itu adalah hal yang berarti untuk Anda dan Anda merasa ada yang kurang bila hal tersebut tidak dilakukan.

Mencari kebahagiaan permanen untuk hidup Anda? Coba cek 5 ritual ini yang bisa Anda lakukan setiap hari dalam satu minggu!

 

Reward

Memberi penghargaan pada diri sendiri dengan cara, mendedikasikan 1 jam setiap hari untuk berolahraga! Lagipula, apa lagi  yang lebih mahal dibanding kesehatan? Meski olahraga tidak menyenangkan untuk semua orang, bila Anda berkomitmen pada itu, Anda akan merasa lebih baik. Perasaan ini akan mengarahkan Anda ke kebiasaan dan dari kebiasaan bisa menjadi ritual. Kenapa 1 jam? Karena ini memberikan pesan ke orang lain termasuk diri sendiri, kalau kita sangat berharga di 1 jam penuh itu.

 

Eating Habits

Daripada tiba-tiba memutuskan menjadi vegan satu hari atau tidak mengkonsumsi gula sama sekali, mengapa tidak membuat komitmen setiap bulan untuk mengadopsi kebiasaan makan sehat?

 

Education & Enrichment

Selain olahraga, Anda juga bisa mencoba mendedikasikan waktu untuk diri sendiri belajar sesuatu yang baru setiap minggu! Selain mendapat ilmu baru, Anda juga bisa memperluas jaringan dan mendapat kepuasan diri. Coba ikut kelas memasak minggu ini, atau ikut book club minggu depan.

 

Disconnect

Jauhkan diri dari segala distraksi seperti telepon, computer, tablet dan devices lainnya. Lakukan seminggu sekali karena otak Anda perlu rehat sejenak untuk dapat tetap tajam dan fokus.

 

Day-to-day-to-do-list

Mulai hari dengan to-do list. Tulis frasa-frasa seperti; “need to”, “want to” atau “must do” di list, sehingga Anda bisa memilah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa menunggu. Sedangkan frasa seperti “I can”, “I have” dan “I did” dapat memberikan tambahan motivasi untuk Anda mencapai tujuan-tujuan Anda. 

Previous Article
Apa Kata Profile Picture Anda?
Apa Kata Profile Picture Anda?

Zaman sekarang, akan lebih mudah bagi orang lain untuk membentuk impresi tentang seseorang. Semua karena, s...

Next Article
Metabolisme oh Metabolisme!
Metabolisme oh Metabolisme!

Sistem dalam tubuh ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan a...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More