Apa Kata Profile Picture Anda?

September 7, 2016 Fani Rachmita

Zaman sekarang, akan lebih mudah bagi orang lain untuk membentuk impresi tentang seseorang. Semua karena, satu foto di profile picture social media! (sumber: Medical Daily)

Dari satu foto itu, sudah bisa ditebak lho siapa Anda dan bagaimana kepribadian Anda, termasuk kegiatan seksualnya! Berikut ini analisa tentang profile picture berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di berbagai universitas dunia!

 

Sexy

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Oregon State University, peneliti menemukan bahwa wanita muda yang mem-post foto seksi atau terbuka di profile picture akan dilihat oleh rekan-rekannya sebagai pribadi yang kurang kompeten dalam melakukan tugas. Penelitian ini dilakukan dengan cara menciptakan 2 akun palsu di Facebook yang menampilkan sosok yang sama. Sosok wanita ini mem-post foto profil dengan nuansa berbeda, yang satu foto dengan pose seksi yang lain bergaya kasual. Partisipan penelitian ini terdiri dari 2 grup wanita; grup berisi remaja wanita dan young adult women. Mereka diminta untuk memberi rating seberapa atraktif masing-masing profile picture dan apakah mereka bisa berteman dengan wanita ini, dan seberapa yakin mereka kalau wanita ini dapat melakukan pekerjaan yang disuruh. Hasilnya, non-sexy profile picture mendapat skor tinggi di 3 area dan banyak partisipan yang merasa ultra-sexy profile picture adalah pribadi yang tidak dapat diandalkan.

 

Selfie

Selfie banyak memberitahukan tentang personalita Anda; self-centered, malas, ceroboh, sombong dan punya kecenderungan emotional disorder. Sebuah studi yang dirilis di Computers in Human Behavior menganalisa 123 partisipan yang mengambil selfie dan menemukan bahwa orang-orang dengan skor tinggi yang berasal dari wajah yang ramah memberikan vibe positif dari selfie-nya, sama dengan mereka yang memegang kamera agak rendah. Sementara mereka yang teliti lebih khawatir dengan keadaan sekeliling yang mengindikasikan mereka concern dengan privasi. Studi ini juga menemukan bahwa mereka yang selalu selfie dengan pose duckface diasosiasikan dengan neuroticism dan emosi yang tidak stabil.

 

Travel

Ini menarik, lewat profile picture dengan tema “Traveling”, Anda bisa menebak kewarganegaraan orang tersebut! Para peneliti bernama Chih-Mao Huang dan Denise Park masing-masing dari University of Illionois di Urbana Champaign dan The National Taiwan University di Taipei, membandingkan profil 200 pelajar Taiwan dan pelajar Amerika. Sebagian pelajar Taiwan sengaja dipilih yang berkewarganegaraan Amerika dan sebaliknya. Para peneliti ini menemukan bahwa dimanapun para pelajar ini berfoto tidak penting karena ternyata cara mereka mengambil foto dan foto mana yang dipasang sebagai profile picture adalah kuncinya. Mereka yang orang Amerika memasang foto close up dengan fokus pada wajah mereka. Sementara orang Taiwan kebanyakan memasang foto zoomed-out dimana background foto lebih terlihat disbanding wajah mereka. Berdasarkan analisa ini, Anda orang Amerika atau Taiwan?

 

 

Previous Article
Eye Makeup Wanita di Tahun 1910-1930
Eye Makeup Wanita di Tahun 1910-1930

Terbayangkah bagaimana wanita zaman dulu yang bahkan ada sebelum perusahaan-perusahaan makeup menemukan pro...

Next Article
Tips Hidup Bahagia Secara Permanen
Tips Hidup Bahagia Secara Permanen

Pernahkah Anda mempertanyakan bagaimana atau apa yang membuat seseorang bahagia?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More