8 Hal Berbahaya Yang Disebabkan Sepatu Hak Tinggi Anda

September 20, 2016 Fani Rachmita

Yup, stiletto Anda bisa membuat kaki Anda sakit, namun sepatu hak tinggi pun bisa juga mencederai mata kaki, lutut bahkan punggung Anda! (sumber: reader digest)

Ini terjadi bila Anda menggunakan jenis yang salah terlalu sering. Bagian atas kaki biasanya digunakan sebagai penyeimbang bagian depan dan belakang kaki. Jadi, saat Anda jinjit untuk menggunakan stiletto favorit, telapak kaki akan mulai merasakan tekanan. Menurut Jane Pontious, ahli bedah podiotric, sakit yang dirasakan merupakan sendi di mata kaki yang disebut metatarsalgia yang dapat menyebabkan stress pada fraktur seiring berjalannya waktu. Kabar baiknya, Anda bisa mengurangi ini dengan mengurangi tinggi heels Anda. Menurut penelitian dari Spinal Health Institute, sepatu dengan hak 3 inch memberikan 76% tekanan pada bagian depan kaki sementara hak sepatu dengan tinggi 2 inci memberikan 57% tekanan.

 

Plantar Fasciitis

Tendon Achilles Anda akan tertarik dari belakang tumit hingga ke betis, memanjang dan memendek seiring pergerakan kaki. Saat ujung jari meruncing dan tumit meninggi mendekati besis, tendon Achilles Anda akan memendek. Terlalu sering memendekkan tendon Achilles dapat menyebabkan Plantar Fascia yang membuat stress tendon. Hasilnya, nyeri pada tumit dan lengkungan kaki.

 

Ujung yang Runcing Membuat Jari Tertekan

High heels tidak hanya tinggi, namun mempunyai ujung yang menyempit. Ini penyebab yang membuat kaki menjadi terlihat mengecil. Kaki yang mengecil, terlihat semakin menarik menurut masyarakat umum, Namun ketika fashion mulai mengkompromikan fungsi kaki, ini menjadi masalah. Wanita yang menggunakan heels dengan ujung menyempit menyebabkan ketidakseimbangan otot, membuat dislokasi jari yang disebabkan oleh tekanan pada kaki terutama jari. Bahkan heels dengan ujung runcing dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan syaraf.

 

Terlalu Kecil untuk Kaki

Beberapa wanita rela untuk menggadaikan kenyamanan kaki demi membuat kaki mereka terlihat kecil. Menurut WebMD, 9 dari 10 wanita menggunakan sepatu yang kekecilan, menyebabkan, lecet dan membuat iritasi sendi kaki, cukup untuk menyebabkan arthritis. Bila Anda ingin menggunakan heels, pastikan sepatu tersebut adalah size yang nyaman dipakai oleh kaki Anda.

 

Menambah Stress Kaki

Saat Anda memindahkan tekanan pada kaki dengan mengenakan high heels, pusat gravitasi tubuh akan berpindah juga. Sayangnya, lutut Anda akan mulai terasa panas Karena perubahan ini karena mereka mencoba untuk menyeimbangkan bagian atas tubuh. Pada faktanya, menurut sebuah studi yang dirilis di 2014 oleh Journal of Orthopaedic Research, menunjukkan peningkatan tinggi hak dapat menyebabkan sakit pada lutut dan bahkan menyebabkan arthritis di lutut.

 

Merubah Postur Tubuh

Karena kaki dipaksa untuk maju  ke depan saat menggunakan high heels, bagian atas tubuh dipaksa untuk mundur agar seimbang. Bagian belakang tubuh mulai melengkung, dada didesak ke depan dan tulang belakang yang membentuh garis "S" pada tubuh akan berpindah. Hasilnya, otot akan terlalu banyak dipakai akan menyebabkan nyeri pada punggung.

 

Varico Veins

Saat kaki dipaksa maju, otot betis Anda akan tertarik, dan tetap tertarik padahal normalnya otot betis setelah tertarik akan mengendur saat Anda menggunakan sepatu flat. Sebagai hasilnya, darah tidak mengalir seperti biasa di betis, dan aliran darah di bawah tungkai melambat. Saat darah tidak dapat lepas dari kaki, dapat menyebabkan nadi membengkak yang disebut varico veins.

 

Menurunkan Kekuatan Mata Kaki

Anda mungkin baru saja mulai mengenakan heels secara regular dan belum merasakan sakitnya sama sekali. Namun, beberapa tahun ke depan Anda akan mulai merasakan cedera mata kaki dari high heels. Di 2015, studi di International Journal of Clinical Practice menunjukkan bahwa wanita yang mengenakan heels terlalu sering dapat menurunkan kekuatan mata kaki mereka seiring berjalanannya waktu. Mata kaki yang melemah dapat menyebabkan ketidakseimbangan, mengurangi kemampuan untuk menghindari jatuh, menyebabkan cedera pada mata kaki dan melukai Anda. Untuk melindungi mata kaki Anda, coba untuk menguatkan mata kaki dengan gerakan olahraga.

 

Previous Article
6 Inspirasi Nail Art Simple Untuk Halloween
6 Inspirasi Nail Art Simple Untuk Halloween

Memasuki bulan Oktober, ada satu perayaan yang pasti tidak akan lewatkan! Apalagi kalau bulan si Jack-O-La...

Next Article
Menebak Kepribadian Lewat Warna Lipstik Favorit
Menebak Kepribadian Lewat Warna Lipstik Favorit

Konon katanya, warna lipstik favorit Anda dapat mendeskripsikan kepribadian Anda secara gamblang.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More