Hati-hati! Ribuan Bakteri Ada di Loofah atau Shower Puff Anda!

October 2, 2016 Fani Rachmita

Si benda kecil yang menggantung di shower atau bathtub Anda, diam-diam menyimpan sejuta hal berbahaya untuk kulit Anda! (sumber: ALLURE)

Lebih tepatnya, loofah atau shower puff yang biasa Anda pakai untuk mengeksfoliasi kulit agar bersih justru mengandung bakteria dan membuat kulit bisa menjadi terkena iritasi. 

Sebuah studi yang di-publish di Journal of Clinical Microbiology mengindikasikan bahwa loofah memainkan peranan penting dalam menyimpan dan menjadi tempat bagi berbagai jenis spesies bakteri dan dapat menyebabkan infeksi parah. Sebagai contoh, para peneliti menemukan bahwa loofah yang terkontaminasi dapat menyebabkan folliculitis, infeksi yang menyebabkan folikel rambut menjadi bengkak dan meninggalkan benjolan merah atau jerawar putih pada kulit. 

Bagaimana ini bisa terjadi? Saat Anda men-scrub kulit dengan puff atau loofah Anda, kulit mati mengelupas dan lapisan sel kulit mati itu tidak semuanya terbilas baik. Beberapa diantaranya menyangkut di loofah atau shower puff. Ditambah suhu kamar mandi yang hangat, kondisi ini dapat menjadikan loofah atau shower puff tempat yang cocok untuk bakteri berkembang. 

Lalu, apakah kita harus berhenti menggunakan loofah atau shower puff?? Well, menurut dermatologis Joshua Zeichner, Anda dapat menggantikan loofah dan shower puff dengan bahan alami sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit dengan tangan, seperti scrub yang mengandung, kacang-kacangan, beras atau bubuk bambu yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati. Atau juga bisa memilih asam salicyl scrub untuk menyerap minyak berlebih dan memutus koneksi antara sel kulit mati. 

Namun, kalau Anda sudah nyaman menggunakan loofah atau shower puff, setidaknya pastikan ganti loofah atau shower puff Anda 3 hingga 4 minggu sekali dan pastikan loofah atau shower puff Anda kering setiap kali selesai dipakai, karena loofah atau shower puff yang basah berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteria. 

Previous Article
5 Cara Wangi Tanpa Parfum
5 Cara Wangi Tanpa Parfum

da banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan wangi tubuh Anda secara maksimal, bahkan bisa jadi...

Next Article
Ada Campur Tangan Astrology Dalam Perceraian Brangelina
Ada Campur Tangan Astrology Dalam Perceraian Brangelina

Astrologer (ahli astrologi) ternyata sudah memperkirakan retaknya hubungan Brad Pitt dan Angelina Jolie sem...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More