Makeup Halloween Berbahaya Bagi Kulit, Ini Cara Membersihkannya

October 30, 2016 Fani Rachmita

Sebuah laporan dari Breast Cancer Fund, sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk mencegah kanker payudara dengan mengeliminasi bahan kimia beracun dan radiasi yang berhubungan dengan penyakit menyebutkan kalau metal beracun ada di makeup Halloween yang bahkan biasa dipakai oleh anak-anak! (berbagai sumber) 

(foto: Trunk Archive) 

Organisasi ini merilis laporan yang menemukan jumlah yang lumayan besar dari metal beracun seperti merkuri dan cadmium di Halloweenn makeup kits yang ditargetkan untuk anak-anak. Hasil ini berdasarkan temuan dari 39 perusahaan kosmetik yang merilis produk khusus untuk halloween seperti lip balm, makeup palletes dan face paint. Ditemukan, setengah dari produk-produk tersebut meninggalkan setidaknya satu jejak metal sementara yang lain terdapat 4 metal. Tes tersebut juga memberikan hasil kalau makeup dengan pigmen gelap meninggalkan jejak metal yang lebih tinggi.

Eits, bukan berarti Anda dan anak tidak bisa seru-seruan di Halloween ini. Pastikan saja setelah berpesta, Anda tidak luput membersihkan wajah. Tenang, ada tip dan trik khusus untuk membersihkan wajah dari sisa makeup Halloween.

 

Jangan Tidur dengan Makeup

Halloween atau bukan, sebelum tidur Anda wajib membersihkan wajah dari makeup. Namun, di antara semua pengecualian, saat Halloween, tidak ada pengecualian. Mengaplikasikan rutinitas membersihkan makeup yang normal tidak akan cukup. Pertama, gunakan argan, jojoba atau almond oil untuk memecah makeup. Setelah mengaplikasikan minyak, gunakan cleanser yang mengandung sulfactrant,  yang dapat membersihkan sisa minyak dan makeup di wajah. 

 

Aksesoris 

(foto: Daily Vanity) 

Manik-manik menjadi salah satu tren di Halloween musim ini. Bukan ditempelkan di baju, namun di wajah! Seperti halnya jerawat, jangan menarik (memecahkan) jerawat di kulit begitu saja, karena akan meninggalkan bekas di wajah. Alih-alih gunakan q-tip atau kapas yang dibubuhi cleansing ouil untuk melepaskan manik-manik. Pijat daerah sekitar aksesoris hingga lepas dengan sendirinya. Kemudian pijat lagi dengan minyak untuk menyingkirkan sisa dari manik-manik seperti lem atau residu. 

 

Sabar

Tebalnya makeup dan material makeup yang diaplikasikan di wajah membuat kita berpikir untuk mencuci wajah dengan men-scrub-nya sesering mungkin dengan menggunakan handuk. Bersabar. Dengan membiarkan produk pembersih untuk "diam" di kulit selama satu atau dua menit sebelum dibilas, mungkin memakan waktu lebih lama tapi akan meresap lebih total di kulit dan membuat Anda lebih mudah menghapus makeup. Pijat-pijat kulit wajah sembari menunggu dibilas. Kemudian bilas dengan air hangat-hangat kuku. Keringkan dengan handuk. 

 

Finishing Touch 

Bila setelah melakukan cleansing masih ada sisa makeup atau residu di wajah, follow up dengan menggunakan kain yang lembut atau tissue pembersih wajah.

 

 

Previous Article
7 Hal Wajib Dilakukan Bila Ingin Janggut Tebal dan Mudah Diatur
7 Hal Wajib Dilakukan Bila Ingin Janggut Tebal dan Mudah Diatur

nda perlu serangkaian perawatan untuk mendapatkan janggut idaman, yang tebal dan penuh, tidak kusut serta m...

Next Article
8 Cara Kurus Menjelang Akhir Tahun
8 Cara Kurus Menjelang Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, bagaimana resolusi diet Anda? Apakah sudah mengalami kemajuan? Bila belum, jangan kh...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More