Studi: Wanita Menggunakan 27 Produk dan Alat Kecantikan Setiap Harinya

November 15, 2016 Fani Rachmita

Era selfie! Zaman sekarang, siapa yang tidak pernah selfie? Tren selfie merajai social media dan menjadi hal wajar dan lumrah bahkan wajib ada di postingan social media yang masa kini. Tren ini menyebabkan orang-orang menjadi lebih narsis, dan sebuah studi baru menjewantahkan fakta yang menyedihkan ini. 

Studi ini dilakukan oleh Superdrug, sebuah toko health and beauty di U.K. menemukan bahwa rata-rata seorang wanita melakukan 27 langkah dalam rutinitas kecantikan mereka dimana 10 tahun lalu, angka ini hanya mencapai 8 langkah! Total rutinitas ini mencapai 40 menit hingga selesai dimana dibutuhkan hanya 17 menit di tahun 2006. 

Lalu, apa yang menyebabkan perubahan drastis ini? Daily Mail menyebutkan bahwa banyak ahli percaya selebriti dan bagaimana mereka mempresentasikan diri mereka di social media adalah pihak yang bisa "disalahkan". Sebagai contoh, the Kardashians yang bisa Anda lihat setiap hari mengenakan berlapis-lapis makeup dan mem-posting-nya berbagai tampilan di akun Instagram menjadi penanggung jawab tren makeup tebal. Bila dibandingkan dengan 10 tahun lalu, saat wanita seperti Sienna Miller yang menjadi ikon kecantikan pada tahun 2006, yang terkenal dengan tampilan alami yang mengarahkan para penggemarnya untuk menggunakan makeup seminimal mungkin. 

Tren kecantikan seperti contouring juga biang keroknya. Ada sekitar 1,150,000 tutorial mengenai contouring di YouTube saat ini, yang mendorong wanita untuk membeli beragam produk makeup untuk membuat wajahnya selalu siap selfie setiap hari, seperti halnya para bintang-bintang dunia. 

Produk-produk kecantikan ini pun mengikuti tren kecantikan di social media yang membuatnya semakin rumit. Lihat saja kemunculan teknik-teknik seperti contouring, strobing dan ombre lips yang menggunakan beberapa produk sekaligus yang membuat seseorang harus membeli beberapa produk untuk satu bagian wajah saja. Hal ini juga ternyata mendorong terciptanya beberapa produk baru sebagai pendukung seperti fixing spray dan makeup remover dengan kandungan yang lebih kuat untuk me-remove makeup yang tebal. 

Di balik semua tren makeup tebal ini, ada juga tren yang justru berlawanan dengan tren ini yaitu tren "no makeup" ala Alicia Keys dan Gabrielle Union. Apa yang dilakukan Alicia Keys ternyata dengan cepat menginspirasi fans-nya, so jangan heran kalau 1 dekade ke depan akan ada produk yang akan menunjang tren ini dan juga mengubah tren kecantikan berbanding terbalik dengan tren saat ini. =

Previous Article
Selebriti Juga Manusia: Masalah Kulit Selebriti Dunia
Selebriti Juga Manusia: Masalah Kulit Selebriti Dunia

Kulit wajah mulus dan berkilau yang terpampang di sampul depan majalah dan televisi ternyata mempunyai bera...

Next Article
Tren "Headphone Hair"?
Tren "Headphone Hair"?

Ternyata, headphone bisa juga lho mempercantik rambut Anda, bahkan menjadi tren seperti yang diciptakan pen...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More