Stress Pemilu? Ini 5 Cara Mengatasinya!

November 23, 2016 Fani Rachmita

Stress yang diakibatkan pemilihan umum ternyata sedang melanda dunia. Anda tentu sudah merasakan selama beberapa bulan ke belakang bagaimana panasnya suasana Pilkada kota Jakarta, pun masyarakat Amerika yang kemarin menerima kejutan besar dengan hasil pemilihan. Stress ini bisa membuat Anda mengambil  keputusan yang buruk, terutama bila Anda berpihak pada salah satu calon. Sebelum Anda memutuskan untuk memuntahkan kekesalan Anda di platform online inilah cara untuk me-manage excitement dan kekesalan Anda. (sumber: YahooBeauty)

 

Batasi

Coba ambil waktu untuk menjauh dari bising pemilu ini. Matikan televisi, mute atau filter kata-kata yang berhubungan dengan pemilu dan tahan diri untuk mengunjungi akun socmed kandidat pilihan Anda. Lagipula, bila Anda ingin orang-orang sekitar Anda untuk memilih kandidat jagoan, dibanding bertengkar di social media, lebih baik Anda menjadi tenaga sukarelawan dan mendonasikan uang untuk kampanye kandidat Anda.

 

Alihkan Stress

Alihkan stress Anda ke hal lain seperti berolahraga. Olahraga bisa mengembalikan mood dan energi Anda sepanjang hari. Juga, dapat memproduksi endorphin dan zat kimia di otak yang sama efeknya seperti painkillers. Selain itu, olahraga dapat membantu kualitas tidur dan menurunkan tingkat stress. Olahraga yang paling disarankan adalah aerobik dan yoga.

 

Sesuaikan Nada

Bila Anda ingin mempunyai debat yang sehat dalam pemilihan umum, ubah nada bicara Anda dalam percakapan. Coba dengan tone yang lebih positif juga suara yang lebih positif dan hindari penggunaan kata yang terlalu mengkritik dan judgemental.

 

Instropeksi Diri

Bila Anda sedemikian marahnya ketika kandidat disudutkan atau dijelek-jelekkan, coba pertanyakan lagi dalam diri Anda, apakah Anda marah ke pesaing atau memang Anda yang sedang bad mood? Self-reflection dan instropeksi diri dapat memberikan sudut pandang lain dalam menyikapi isu personal Anda. Ingatkan diri, kalau reaksi Anda bisa jadi merupakan refleksi dari masalah personal Anda.

 

Agree to Disagree

Buat kesepakatan dengan diri sendiri. Jangan menganggap semua isu pemilu ini adalah hal yang personal. Apalagi bila Anda dikelilingi oleh orang-orang terdekat yang tidak setuju dengan pilihan Anda. Yang perlu diingat adalah, saat Anda masuk dalam percakapan politik dan agama, lawan bicara Anda tidak akan mengubah pemikiran Anda, pun sebaliknya!

 

Previous Article
Cara Mendapatkan Rambut Panjang Bersinar Ala The Kardashians Ternyata Ada di Dapur Anda
Cara Mendapatkan Rambut Panjang Bersinar Ala The Kardashians Ternyata Ada di Dapur Anda

Rambut super panjang dengan warna hitam yang lurus tergerai seperti Kim dan Kourtney Kardashian memang seda...

Next Article
3 Cara Mudah Mempertahankan Bentuk Tubuh Saat Liburan
3 Cara Mudah Mempertahankan Bentuk Tubuh Saat Liburan

Olahraga tidak harus dikesampingkan lho saat liburan, terutama bagi Anda yang sedang program dan mati-matia...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More