Hilangkan Komedo Dengan 5 Cara Ini

December 27, 2016 Fani Rachmita

Si bintik-bintik hitam yang berada di sekitaran hidung Anda atau biasa disebut blackhead sebenarnya adalah komedo jenis terbuka. Komedo ini menghitam karena terkena paparan udara yang menyebabkan reaksi kimia. Blackhead sejatinya adalah folikel rambut yang lebih besar dari folikel lain yang kemudian tersumbat minyak, bekas makeup dan kotoran lain. Ada  banyak cara untuk menghilangkan si bintik-bintik hitam ini dari hidung Anda dan 5 diantaranya bisa Anda baca di bawah ini.  (sumber: redbook) 

 

Eksfoliasi

Menyingkirkan sel kulit mati memang cara yang paling baik untuk menyingkirkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Yang menjadi masalah biasanya adalah scrub, yang dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kulit menjadi lebih rusak. Pilih scrub yang mengandung glycolic acid, retinoid dan salicylic acid untuk menyingkirkan keratin yang biasanya membuat pori-pori tersumbat ketika proses pembentukan sel kulit baru terjadi. 

 

Non-Comedogenic

(foto: instyle)

Banyak produk yang mencantumkan non-comedogenic pada bungkusnya. Jangan terlena, tetap baca kandungan si produk skin care tersebut! Hindari bahan-bahan seperti isopropyl myristate, isopropyl palmitate dan coconut oil yang termasuk bahan-bahan yang dapat dengan mudah menyumbat pori-pori! 

 

Cari Bantuan Profesional

Mencabut atau membersihkan sendiri si blackhead selain lebih ramah di kantong juga memberikan kepuasan tersendiri. Namun dermatologis sangat menyarankan untuk pergi ke facialist berpengalaman karena tujuannya adalah menyingkirkan si blackhead tanpa merusak kulit sekitarnya seperti tidak meninggalkan bekas luka dan menyebabkan infeksi. 

 

Sedikit Moisturizer

Jangan terlalu banyak melapisi kulit dengan moisturizer karena akan membuat pori-pori lebih cepat tersumbat bagi pemilik kulit kering. Coba produk dengan label "light moisturizer" untuk mendehidrasi kulit. 

 

Sabar 

(foto: goodhousekeeping)

Bila Anda sudah mencoba semua langkah di atas, yang harus dilakukan adalah bersabar karena hasilnya tidak akan terjadi dalam satu malam. Rileks, karena proses ini membutukan 2- 3 bulan untuk mendapatkan perubahan yang berarti. 

 

Previous Article
Cantiknya Tata Rambut Kate Middleton Sepanjang Tahun Ini
Cantiknya Tata Rambut Kate Middleton Sepanjang Tahun Ini

Sifatnya yang tidak neko-neko dibarengi dengan kepiawaiannya berolahraga dan pendidikan tinggi, Kate semaki...

Next Article
Trik Rajin Olahraga Saat Musim Pancaroba
Trik Rajin Olahraga Saat Musim Pancaroba

Kalau ke luar rumah menjadi kendala berolahraga, Anda bisa memindahkan tempat olahraga ke dalam rumah lho.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More