Semakin Menarik, Semakin Tinggi Gaji?

February 21, 2017 Fani Rachmita

Semakin menarik Anda, semakin banyak uang yang bisa Anda dapatkan. Begitu keyakinan di masyarakat dalam jangka waktu yang lama, pun teori ini diperkuat oleh pernyataan para ilmuwan. (RF29)  

Sebuah studi baru kini membantahnya. Journal of Business and Psychology menemukan bahwa berada di atas rata-rata dalam hal tampang tidak menjamin Anda mendapat uang untuk membayar tagihan! 

Studi ini mengukur korelasi antara seberapa menarik seseorang dengan penghasilan yang melibatkan 20,745 partisipan. Mereka mengukurnya berdasarkan skala 5 point dimana ada 4 poin berbeda. Sementara untuk umur partisipan, studi ini melibatkan partisipan antara umur 16 tahun hingga 29 tahun. 

Jurnal ini menemukan bahwa mereka yang tergolong sangat menarik mendapat uang lebih banyak dari mereka yang kurang menarik, Yang unik, mereka yang digolongkan sangat tidak menarik malah menghasilkan uang lebih banyak dibanding mereka yang kurang menarik dan bahkan melebihi mereka yang mempunyai tampang rata-rata atau sudah masuk kategori menarik. Para ilmuwan di studi ini menilai ini sebagai "ugliness premium", bertolakbelakang dengan studi-studi yang lampau. 

Penemuan dari jurnal ini tidak melulu berdasarkan tampang semata. Tidak seperti studi-studi sebelumnya, studi ini juga menambahkan unsur kesehatan, kecerdasan dan personality. Ditemukan kalau beberapa ciri ini adalah alasan sebenarnya mengapa beberapa orang dibayar lebih dari yang lain. 

Orang-orang yang dikategorikan sangat menarik mendapat uang lebih karena sehat, pintar dan mempunyai personality yang lebih baik, biasanya mereka lebih extrovert. Orang-orang yang dikategorikan sangat tidak menarik juga diuji di kategori-kategori ini dengan hasil mereka masuk dalam kategori yang bergaji lebih tinggi. 

 
Previous Article
Parade Beauty Look Ala Tahun 50-an di Ajang Penghargaan Oscar 2017
Parade Beauty Look Ala Tahun 50-an di Ajang Penghargaan Oscar 2017

Inspirasi beauty look para pesohor di karpet merah Oscars 2017 sepertinya banyak mengadaptasi style tahun 5...

Next Article
4 Hal Mudah yang Akan Membuat Satu Minggu Anda Lebih Sehat
4 Hal Mudah yang Akan Membuat Satu Minggu Anda Lebih Sehat

Hal-hal simple yang bisa Anda lakukan sepanjang minggu untuk membuat satu minggu Anda menjadi lebih sehat.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More